jogjaaja.com

5 Rekomendasi Tempat Nyoto di Jogja yang Wajib Dicoba

Ties - Senin, 21 November 2022 10:42 WIB
ilusatrasi soto

YOGYA, Jogjaaja.com - Akhir-akhir ini, Jogja sering dilanda hujan, dari gerimis hingga deras, yang membuat hawa dingin melanda. Lantas, menu makanan berkuah seperti soto, dapat menjadi pilihan terbaik untuk menemani suasana dingin tersebut.

Di Jogja sendiri terdapat banyak sekali warung soto dengan ciri khas dan citarasanya masing-
masing. Berikut ini merupakan 5 rekomendasi tempat nyoto di Jogja yang wajib kalian coba untuk menemani suasana dingin selama musim hujan:

#1 Soto Bathok Mbah Katro

Rekomendasi tempat makan soto di Jogja yang pertama yaitu Soto Bathok Mbah Katro. Lokasi dari tempat nyoto legend ini ada di Sambisari, Purwomartani, Kalasan, Sleman. Yang khas dari Soto Bathok Mbah Katro adalah penyajiannya. Di sini, soto disajikan dengan menggunakan mangkuk yang terbuat dari bathok atau tempurung kelapa.

Meski soto di tempat ini memiliki kuah yang cenderung bening—ciri khas soto Jawa Tengah dan
DIY, tapi soal citarasa tidak bisa diragukan lagi. Dengan harga yang murah, kalian sudah bisa
menikmati sepaket soto ayam dengan teh hangat, aneka gorengan, dan sate-satean.

#2 Soto Lamongan Berkah Cak Eko

Jika ingin menyantap soto dengan taburan koya yang gurih, datanglah ke Soto Lamongan Berkah Cak Eko. Lokasinya ada di Jl. Melon Mundusaren, Nologaten, Caturtunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta.

Jika soto ala Jawa Tengah dan DIY cenderung bening, maka berbed dengan soto Jawa Timuran yang terkesan kental-kuning. Soto Lamongan Berkah Cak Eko sendiri menyajikan soto khas Lamongan dengan taburan bubuk koya, yang membuat kuah jadi kental nan gurih.

Selain kuahnya yang nikmat, yang menambah lengkap soto ini adalah tempe gorengnya yang krispi. Cocok untuk menemani tiap seruputan kuah dari soto khas Lamongan ini.

#3 Soto Pak Dalbe

Soto Pak Dalbe cukup terkenal bagi masyarakat Jogja. Soto Pak Dalbe menyajikan soto ayam
kampung, dengan kuah kaldu yang segar.

Selain itu, kuahnya diracik dengan bumbu rahasia sehingga cita rasanya gurih dan kaya rempah.
Soto Pak Dalbe berlokasi di Jl. Jend. Sudirman, Terban, Gondokusuman, Yogyakarta.

#4 Soto Ayam Pak Gareng

Selain suwiran ayam, Soto Ayam Pak Gareng juga menyajikan lenthok atau perkedel singkong
yang gurih dan lembut. Soto ini juga memiliki cita rasa kuah yang khas.

Selain semangkuk soto, di sini kalian juga dapat memilih lauk tambahan, entah itu paha ayam, sate usus, sate ati, kepala, hingga ceker, karena memang tersedia begitu melimpah di sini. Soto Ayam Pak Gareng berlokasi di Jl. Hayam Wuruk, Bausasran, Danurejan, Yogyakarta.

#5 Soto Daging Sapi Pak Parno

Soto Daging Sapi Pak Parno menyajikan menu soto dengan potongan daging sapi. Selain itu, ada tambahan potongan gajih sehingga kuahnya terasa tambah sedap. Soto Daging Sapi Pak Parno berlokasi di Jl. KH Djawad Faqih MG III, Brontokusuman, Mergangsan, Yogyakarta. (*)

RELATED NEWS