jogjaaja.com

600 Ton Sampah di Yogya Telah Diangkut ke TPST Piyungan

Ties - Jumat, 13 Mei 2022 19:43 WIB
Petugas mulai membersihkan sampah di sejumlah ruas jalan setelah TPST Piyungan kembali dibuka Kamis (22/5/2022) (Anz/Jogjaaja.com)

YOGYA, Jogjaaja.com - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogyakarta menyebutkan sedikitnya 600 ton dari total 2.000 ton sampah yang menumpuk di wilayahnya karena TPST Piyungan sempat tutup telah diangkat.

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah DLH Kota Yogyakarta, Ahmad Haryoko menjelaskan, setidaknya membutuhkan waktu sepekan untuk menormalisasi tumpukan sampah yang menggunung di wilayah itu.

"Sampai saat ini masih terus berlangsung dan seluruh armada kami kerahkan," ujarnya, Jumat (13/5/2022).

Dia menambahkan, total ada sebanyak 2.000 ton sampah yang menumpuk lantaran TPST Piyungan sempat ditutup. Per Kamis (12/5/2022) kemarin warga akhirnya membuka akses blokade setelah negosiasi dengan Pemda DIY.

"Tapi dua hari ini proses pengangkutan belum sampai 50 persen," katanya.

Sementara Wakil Walikota Yogya, Heroe Poerwadi mengatakan, pihaknya telah menyiapkan lahan untuk alternatif jika sewaktu-waktu TPST Piyungan kembali ditutup.

Pihaknya menargetkan bahwa dalam dua atau tiga tahun ke depan lahan untuk pengolahan sampah itu bisa dioperasikan. "Nanti akan pakai mesin dan sekarang masih tahap kajian lahan," katanya. (Anz)

RELATED NEWS