jogjaaja.com

Asyik, PT KAI Beri Diskon Tiket Untuk Alumni Kampus Ini

Ties - Rabu, 25 Januari 2023 05:15 WIB
PT KAI Berikan Diskon Tiket ke Alumni Universitas-Universitas Berikut, Berlaku Buat Semua Kelas (kai.id)

JAKARTA - Sebuah akun TikTok bernama @punya_cil sempat viral karena membagikan video dengan caption "Alumni UGM udah pada tau belum?". Dalam video singkat tersebut, ia membagikan tata cara pembelian tiket menggunakan tarif reduksi untuk alumni UGM.

Tak hanya alumni UGM, ternyata alumni dan civitas akademik kampus-kampus lain yang telah bekerja sama dengan PT KAI seperti ITB, ITS, UNS, UNY, UI, UNPAD, dan UNAIR juga mendapatkan fasilitas diskon untuk harga tiket kereta api. Diskon yang ditawarkan oleh PT KAI adalah sebesar 10%.

Tarif ini berlaku untuk perjalanan kereta api jarak jauh dan jarak menengah. Tak tanggung-tanggung, tiket ini bisa digunakan untuk semua kelas kereta mulai dari ekonomi, bisnis, maupun eksekutif.

Menurut laporan Repository UGM, tiket ini tergolong dalam tiket kereta api reduksi, yaitu potongan harga tiket yang didapatkan oleh golongan tertentu sehingga dapat membeli tiket kereta apai di bawah harga normal.

Pembelian tiket KAI diskon 10% hanya dapat dilakukan melalui aplikasi KAI Access dengan memasukkan nomor reduksi yang telah didaftarkan sebelumnya melalui loket, Customer Service atau lokasi lainnya sesuai kerja sama antara KAI dan perguruan tinggi yang telah disebutkan di atas.

Berikut adalah cara membeli tiket KAI diskon 10%.

1. Registrasi di CS

Langkah pertama adalah melakukan registrasi di Customer Service (CS) stasiun dengan melampirkan KTP atau kartu bukti diri sebagai civitas atau alumni perguruan tinggi yang bekerjasama dengan KAI.

Khusus untuk para civitas, wajib memiliki kartu bukti diri sebagai dosen dan tenaga pendidik yang tercantum Nomor Induk Pegawai (NIP) atau Nomor Induk Kepegawaian (NIK). Sedangkan untuk keluarga alumni kampus, wajib memiliki kartu anggota alumni atau kartu anggota digital yang tercantum nomor keanggotaan maupun ijazah.

2. Aktifkan Aplikasi CS

Setelah melakukan registrasi di CS, calon pembeli harus mengunduh dan mengaktifkan aplikasi KAI Access. Apabila proses registrasi aplikasi itu berhasil, pilihan diskon tarif secara otomatis akan tersedia di aplikasi KAI Access.

Pilihan menu reduksi cuma bisa didapatkan melalui aplikasi KAI Access saja. Dan tidak bisa diberikan melalui penjualan di loket stasiun.

Perlu Anda perhatikan bahwa satu tiket hanya berlaku untuk satu penumpang dan identitas asli penumpang wajid ditunjukkan saat proses boarding dan pemeriksaan di atas kereta. Selamat mencoba!

Bagikan

RELATED NEWS