jogjaaja.com

Banjir di Sentolo Kulonprogo, Lansia dan Balita Dievakuasi Tim SAR Gabungan

Ties - Rabu, 07 Desember 2022 08:40 WIB
Foto: Personel Tim SAR Gabungan saat mengevakuasi warga lansia yang terjebak banjir di Sentolo Kulonprogo pada Senin (5/12/2022).

WATES, Jogjaaja.com - Curah hujan tinggi yang berlangsung pada dua hari terakhir yakni Senin dan Selasa mengakibatkan sejumlah insiden di wilayah DIY.

Selain pohon tumbang dan insiden lainnya, di Kulonprogo tepatnya di Kalimenur, Sukoreno, Kapanewon Sentolo, sejumlah warga harus dievakuasi oleh tim SAR gabungan lantaran rumahnya terdampak luapan sungai.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Yogyakarta Kamal Riswandi mengatakan, pihaknya menerima laporan pada Senin (5/12/2022) bahwa terdapat warga yang terjebak luapan air sungai di Kalimenur Sentolo. Luapan air sungai yang terus meninggi dampak hujan deras membuat warga terjebak.

"Setelah mendapatkan laporan kami memberangkatkan satu tim yang terdiri dari personil kantor Basarnas Yogyakarta dan personil unit siaga Congot yang dilengkapi peralatan water rescue," ujarnya, Selasa (6/12/2022).

Berdasarkan laporan yang diterima, warga yang terjebak itu merupakan masyarakat rentan yakni lansia dan ibu-ibu yang tengah sakit serta Balita. Sesampainya di lokasi, tim langsung berkordinasi dengan Tim SAR Gabungan yang sudah berada dilokasi untuk melaksanakan proses evakuasi.

"Tim SAR Gabungan akhirnya berhasil mengevakuasi 5 warga dalam kondisi selamat," ucapnya.

Kelima warga tersebut atas nama Erika, balita perempuan 9 tahun, Kori balita perempuan 3 tahun, Martoyo, lansia perempuan 84 tahun, Corya lansia perempuan 65 tahun, Ria Setiawati ibu yang tengah sakit usia 35 tahun dan suaminya Eko Septianto usia 45 tahun.

"Seluruh warga yang kami evakuasi langsung kami serahkan ke pihak medis PMI Kulonprogo dan PSC Kulonprogo untuk mendapatkan penanganan medis, setelah mendapatkan penanganan medis warga yang dievakuasi dibawa ke rumah warga yang tidak terkena bencana banjir," jelasnya. (Anz)

Editor: Ties
Tags Banjir Kulonprogo Bagikan

RELATED NEWS