Bank BPD DIY Sabet Penghargaan Optimalisasi Layanan Sistem Informasi Pembangunan Daerah

Ties -Senin, 08 Maret 2021 15:30 WIB
Istimewa (sumber: Bank BPD DIY)

JAKARTA – Bank BPD DIY meraih penghargaan dari Warta Ekonomi dalam acara Indonesia Best BUMD Awards 2021 untuk kategori Cooperation Programs to Implement Regional Government Information System (SIPD) at Daerah Istimewa Yogyakarta, Java Island. 

 

Pemberian penghargaan yang dikemas dalam acara e-awarding Indonesia Best BPD Award 2021 yang mengangkat tema “Region, The Front Line of Indonesia’s Economic Recovery” dilakukan secara online, (03/03/2021). 

 

CEO & Chief Editor Warta Ekonomi, Muhamad Ihsan menuturkan bahwa predikat tersebut diberikan karena Bank BPD DIY dianggap mampu mengoptimalkan layanan Sistem Informasi Pembangunan Daerah yang merupakan bagain dari alat transparansi dari sebuah lembaga, dimana transparansi dilakukan secara digital dan akan meningkatkan kepercayaan terhadap stakeholders Bank BPD DIY.  

 

Muhammad Ihsan mengatakan Dalam melakukan penelitian untuk penghargaan Indonesia Best BUMD Awards 2021, tim peneliti Warta Ekonomi menggunakan analisis media monitoring melalui content analysis.

“Media monitoring tersebut melihat berbagai sentimen positif yang muncul di media mainstream dan media sosial yang ada. Periode sentimen positif yang dinilai dimulai dari Agustus-Desember 2020. Adapun indikator penilaian yang digunakan untuk penghargaan ini adalah publikasi, inovasi, dan layanan masyarakat” ujarnya.

 

Turut hadir secara virtual pada acara tersebut Menteri Kordinator Perekonomian Airlangga Hartarto, Founder dan President Commisioner Warta Ekonomi Fadel Muhammad dan Direksi maupun perwakilan 66 BUMD pemenang dari berbagai daerah. 

 

Menko Perekonomian RI, Airlangga Hartarto, mengatakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) memiliki peran strategis dalam mempercepat pemulihan ekonomi daerah. Airlangga menyebut, pulihnya perekonomian daerah akan menjadi pondasi untuk pemulihan ekonomi nasional.

 “Ekonomi daerah merupakan motor utama pemulihan ekonomi nasional. Pemerintah berkomitmen untuk terus mendukung pemulihan ekonomi daerah, sehingga Indonesia dapat tumbuh dikisaran 4,5% hingga 5,3% di tahun 2021,” tutur Airlangga.

 

Direktur Umum, Cahya Widi menyampaikan ucapan terimakasih kepada Warta Ekonomi Awards atas penghargaan dalam keberhasilan mengelola SIPD di DIY.

 

“Terimakasih atas penghargaan yang diberikan kepada Bank BPD DIY dan merupakan suatu kebanggaan bagi kami. Sebagai Bank Umum milik daerah, kami mempunyai kewajiban untuk mendukung sepenuhnya pemerintah daerah dalam pengelola keuangan dan sumber Pendapatan Asli Daerah. Saat ini elektronifikasi dan digitalisasi sedang gencar dilakukan di DIY untuk layanan pemerintah daerah kepada masyarakat dan Bank BPD DIY sepenuhnya mendukung program-program tersebut”, ungkap Cahya Widi.

 

Ketika program SIPD dicanangkan Kementrian Dalam Negeri, Bank BPD DIY mendukung sepenuhnya karena SIPD akan memperlancar, mempercepat, dan mempermudah program pengelolaan APBD di DIY baik itu pemerintah DIY atau Kabupaten/Kota. Bank BPD DIY merespon cepat program tersebut melalui seluruh SDM yang langsung bergerak untuk menangkap penugasan ini dari sisi teknologi informasi, administrasi, dan operasionalisasinya. (*)

 

 

 

 

Bagikan:

RELATED NEWS