jogjaaja.com

Batuk Hingga Nyeri Dada, Waspada Penyakit Paru-Paru

Ties - Minggu, 15 Mei 2022 09:41 WIB
Waspada Ini Gejala Paru-Paru Alami Masalah Kesehatan, Batuk Hingga Nyeri Dada

JAKARTA-Pernahkan Anda merasakan paru-paru mengalami gangguan? nyeri dan sesak nafas. Hal ini bisa jadi merupakan salah satu tanda bahwa ada penyakit pada paru-paru.

Karena paru-paru merupakan organ vital dalam tubuh manusia, yang berhubungan langsung dengan sistem pernapasan. Maka perlu untuk mengenali gejala-gejala saat paru-paru bermasalah.

Salah satu penyakit paru yaitu obstruktif kronis (COPD) mengacu pada gangguan yang mempengaruhi paru-paru secara keseluruhan. Mari kenali sejak dini gejala yang harus diwaspadai untuk menjaga kesehatan paru-paru.

TrenAsia melansir dari laman resmi American Lung Association, Sabtu, 14 Mei 2022, berikut enam gejala paru-paru mengalami masalah. Segera konsultasikan ke dokter jika ini terjadi pada Anda ya.

1. Batuk Kronis
Pernahkah Anda mengalami batuk, jika sesekali itu hal wajar. Namun jika batuk sudah terjadi secara terus menerus dan dalam durasi berminggu-minggu itu merupakan batuk kronis. Hal ini menjadi pertanda penting bahwa ada masalah pada kesehatan paru-paru.

2.Sesak Napas
Gejala ini sering terjadi entah saat tengah melakukan aktivitas ringan atau berat. Namun yang perlu Anda waspadai adalah saat terjadi sesak nafas yang tidak kunjung hilang. Segera konsultasikan ke dokter untuk mendapat penanganan lebih awal.

3. Lendir Kronis
Lendir atau dahak diproduksi oleh saluran udara berfungsi sebagai alat pertahanan terhadap infeksi atau iritasi. Jika produksi lendir sudah berlangsung sebulan atau lebih, ini bisa mengindikasikan penyakit paru-paru.

4. Wheezing
Wheezing atau biasa disebut nafas berisik, adalah tanda kalau ada sesuatu yang menghalangi saluran pernapasan. Suara khas yang dihasilkan saat Anda mengalami wheezing artinya ketika udara mengalir melalui saluran napas yang menyempit. Hal ini semakin keras saat Anda mengembuskan atau menghirup napas.

5. Nyeri Dada

Kondisi nyeri dada adalah saat Anda merasakan rasa sakit pada bagian dada. Kemunculan nyeri dada bisa dalam beberapa bentuk, seperti nyeri tumpul, hingga seperti merasa tertusuk benda tajam.

Selain itu, sensasi terbakar juga dirasakan sebagai salah satu gejalanya. (*)

Bagikan

RELATED NEWS