jogjaaja.com

Begini,Cara Melamar Pekerjaan Baru Usai di PHK

Ties - Rabu, 21 September 2022 20:40 WIB
Cara Melamar Pekerjaan Baru Usai Terkena Badai PHK (Freepik.com/pressfoto)

JAKARTA - Baru-baru ini terdapat kabar mengenai badai PHK yang terjadi lagi. Mungkin setelah mendapatkan kabar layoff atau dirumahkan, mencari pekerjaan tampak terasa sulit.

Seperti yang dilansir dari laman Harvard Business Review, mencari pekerjaan memang tidak selalu mudah, bahkan bisa jadi lebih menegangkan ketika kepercayaan diri Anda sudah habis usai terkena PHK. Selain itu, mungkin bagi Anda yang mengalami PHK khawatir bahwa pemecatan Anda akan memengaruhi resume Anda selama ini.

Bagi Anda yang baru saja terkena badai PHK dan ingin segera melamar pekerjaan baru, simak beberapa cara berikut ini.

Pahami Apa yang Terjadi

Sebelum Anda memulai pencarian kerja, pahami dahulu alasan mengapa atasan Anda sebelumnya melakukan PHK terhadap Anda. Dengan mengetahui alasan tersebut, akan membantu Anda untuk mengetahui seberapa besar masalah yang sedang Anda hadapi dan apa yang perlu Anda persiapkan ketika mencari pekerjaan.

Persiapkan Diri Anda

Usai di-PHK, mungkin Anda merasa frustasi atau sedih. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menenangkan diri dan mempersiapkan diri terlebih dahulu sebelum melamar pekerjaan.

Jika Anda masih belum siap secara emosional, Anda justru berisiko ‘membocorkan informasi emosional’ Anda tersebut kepada HRD atau rekruiter Anda yang nanti justru akan merusak reputasi Anda.

Cari Pekerjaan yang Sesuai atau Pas

Setelah Anda menenangkan diri dan memberi Anda waktu untuk berpikir, Anda mungkin bisa mempelajari tentang diri Anda. Anda mungkin bisa mengetahui kondisi lingkungan pekerjaan apa yang Anda inginkan, rekan kerja, atau jenis pekerjaan yang sesuai dengan Anda. Hal tersebut penting untuk dipikirkan agar Anda bisa memperoleh pekerjaan yang sesuai dan kinerja Anda semakin membaik.

Jangkau Jaringan Anda

Sebelum Anda mulai melamar pekerjaan secara aktif, Anda dapat menghubungi mantan rekan kerja atau kenalan Anda yang mungkin dapat menawarkan referensi pekerjaan untuk Anda.

Fokus pada Hal Positif

Sangat tidak bijaksana jika Anda menghilangkan pekerjaan sebelumnya dari CV dan surat lamaran karena Anda tidak ingin CV jadi terlihat ‘ternoda’ akibat sempat di-PHK. Akan tetapi, Anda bisa menceritakan hal tersebut lewat resume Anda dan tekankan hal yang positif tentang Anda.

Selain itu, Anda dapat mengurangi stres karena mencari pekerjaan baru usai terkena PHK dengan memastikan Anda tetap makan dengan baik, berolahraga, dan tidur yang cukup. Kelilingi diri Anda dengan teman yang suportif dan tetap sibuk.

Itu tadi beberapa cara melamar pekerjaan usai terkena PHK. Selamat mencoba.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Justina Nur Landhiani pada 21 Sep 2022

Bagikan

RELATED NEWS