jogjaaja.com

Bukan Opor, Masyarakat Semin Rayakan Lebaran Dengan Volly

Ties - Senin, 09 Mei 2022 16:48 WIB
Turnamen volly antar warga dan perantau

LEBARAN biasanya dirayakan dengan pesta opor, bagi-bagi thr, ataupun tradisi lainnya. Hal tersebut pula yang dilakukan oleh masyarakat Banyu, Semin, Gunung Kidul.

Namun berbeda dari biasanya lebaran kali ini dirayakan oleh masyarakat dengan mengadakan turnamen volly antar dusun dan perantau.

Tepatnya turnamen tersebut dilaksanakan pada H+1 lebaran (3/5/2022) di lapangan dusun Banyu, dengan tiga tim yang siap bertanding yaitu, Tim yang pertama yang diisi oleh warga Dusun Banyu.

Tim kedua yang diisi oleh warga Dusun Ngasinan, dan yang terakhir ialah pemudik yang datang dari perantauan.


Menurut Ketua RW, Dusun Banyu,
Gito jika diadakannya turnamen ini bertujuan untuk mengeratkan silahturahmi antar warga dusun dan juga warga yang baru kembali ke kampung halaman.

“Turnamen kecil-kecilan ini emang sengaja diadakan supaya bisa menyambung silahturahmi antar warga sekaligus latihan untuk mengikuti turnamen-turnamen sungguhan nantinya” ujarnya (3/5/2022).

Di dusun ini sendiri olahraga Volly memang menjadi andalan warga desa karena dianggap mampu mengangkat nama dusun melalui turnamen yang diikutsertakan. Karena itu olahraga ini dipilih menjadi salah satu kegiatan yang dapat menyemarakan euphoria lebaran.

Pertandingan dimulai dengan Tim Banyu melawan tim dari Ngasinan. Pada babak ini pertandingan dimenangkan oleh tim dari Banyu dengan skor akhir 2-1. Kemudian pada babak selanjutnya yang dimainkan oleh Tim Perantau dan Tim Banyu, dimenangkan oleh Tim Banyu dengan Skor akhir 2-0.

Adanya pertandingan ini disambut meriah oleh warga sekitar, salah satunya ialah Nina, Pemudik yang tinggal di Kota Jogja.

Menurutnya acara tersebut dapat menjadi ajang lepas rindu antar warga setempat dengan warga yang tinggal diperantauan setelah dua tahun tak bisa pulang ke daerah asalnya karena Covid.

“Seneng bisa ketemu sodara jauh. Udah lama nggak ketemu gara-gara virus corona. Lombanya seru juga” tuturnya.

Selain lomba Volly puncak perayaan lebaran di Dusun Banyu juga dimeriahkan oleh pagelaran musik dangdut yang dilaksanakan pada malam harinya. (MG-01)

RELATED NEWS