jogjaaja.com

Bupati Bantul Serahkan Bantuan Kewirausahaan Bagi Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan

Tyo S - Rabu, 24 November 2021 12:48 WIB
Bupati Bantul Abdul Halim Muslih menyerahkan secara simbolis bantuan kewirasahaan kepada Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan, Selasa (23/11/2021).

BANTUL, Jogjaaja.com – Bupati Bantul Abdul Halim Muslih menyerahkan bantuan kewirausahaan sosial secara simbolis kepada keluarga penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) tahun anggaran 2021 di Pendopo Rumah Dinas Bupati Bantul, Selasa (23/11/2021).

Bantuan ini diberikan kepada 386 penerima manfaat yang telah memiliki embrio usaha. Peserta acara ini merupakan perwakilan penerima manfaat dari 17 Kapanewon di Kabupaten Bantul.

Melalui Dinas Sosial, Kabupaten Bantul meluncurkan Program Kewirausahaan dengan tujuan memberikan kemampuan pengasahan sosial dan pengembangan ekonomi bagi KPM PKH. Sasaran kegiatan ini adalah Program Keluarga Harapan yang memiliki embrio usaha yang layak untuk dikembangkan. Bantuan yang diberikan kepada penerima manfaat berjumlah 3 juta rupiah yang berasal dari APBD Kabupaten Bantul. Bantuan ini diberikan langsung kepada penerima manfaat melalui transfer.

Asisten Sekretaris Daerah Bidang Pemerintahan Didik Warsito mengatakan pelaku kewirausahaan sangat penting mempunyai semangat untuk mandiri dan maju agar dapat berkembang dan mengubah masa depan menjadi lebih baik. Dengan adanya Program Bantuan Kewirausahaan ini diharapkan dapat mempersiapkan keluarga penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) yang dapat meningkatkan kesejahteraannya dan akhirnya siap untuk graduasi atau lepas dari Program Keluarga Harapan. “Tujuan ini agar kembali bangkit dari terpaan krisis akibat pandemi COVID-19,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Bantul Abdul Halim Muslih menyebut upaya Pemerintah Kabupaten Bantul dalam penanggulangan kemiskinan dilakukan melalui perluasan kepesertaan, penyempurnaan sistem jaminan sistem kesehatan dan ketenagakerjaan, meningkatkan ketersediaan pelayanan dasar yang disertai dengan peningkatan kualitas pelayanan, dan peningkatan kemampuan penduduk miskin dalam mengembangkan kehidupan yang berkelanjutan melalui aset sosial sehingga mengurangi jumlah kemiskinan di Kabupaten Bantul.

“Adanya program ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan wirausahaan sosial yang berkeadilan, berkesetaraan, berkualitas, dan relevan dengan perkembangan pembangunan kesejahteraan sosial. Saya berharap sumber daya PKH Kabupaten Bantul akan terus bekerja sungguh-sungguh agar semakin banyak KPM PKH yang tergraduasi atau mengraduasikan diri,” ujar Bupati Bantul. (*)

Editor: Tyo S

RELATED NEWS