jogjaaja.com

Citayam Fashion Week Viral, Berikut Daftar Pekan Fesyen Terbesar di Dunia

Ties - Rabu, 20 Juli 2022 17:07 WIB
Ilustrasi fashion show /Pixabay

YOGYA, Jogjaaja.com - Nama Citayam Fashion Week belakangan ini menjadi perbincangan yang ramai, baik di media massa maupun media sosial.

Ratusan remaja yang hadir dengan dandanan modis dan fashionable, berjalan berlenggak-lenggok layaknya di catwalk fashion show. Fenomena ini pun menjadi daya tarik tersendiri.

Banyak yang mengklaim, ‘panggung jalanan’ ini pertama kali diciptakan oelh para remaja Citayam dan Bojonggede yang kerap nongkrong di Jalan Jenderal Sudirman, Dukuh Atas, Jakarta Pusat.

Istilah Citayam Fashion Week pun muncul karena para anak baru gede atau ABG yang nongkrong ini kerap memakai pakaian street style yang cukup modis, hingga viral di media sosial.

Kini, fenomena yang dianggap sebagai subkultur masyarakat urban ini namanya kerap disanding-sandingkan dengan pekan fesyen atau fashion week terkemuka di dunia.

Mengutip laman Fashiondays, ada banyak pekan fesyen di dunia. Bahkan, hampir tiap negara memiliki event ini.

Mulai dari Aran Fashion Week di Timur Tengah, di London, Milan, Paris, hingga di penjuru Amerika Serikat dan Afrika.
Namun, tahukah kamu, bahwa apa empat fashion week terbesar dan termegah di dunia yang dijuluki sebagai ‘Big Four’?

Milan Fashion Week

Melansir Fashiondays, pekan fesyen di kota mode, Milan, Italia, masuk dalam jajaran Big Four yang pertama.
Milan Fashion Week merupakan acara besar-besaran yang menyoroti tren fashion.

Acara ini sendiri diselenggarakan dua kali dalam setahun di salah satu kota paling modis di Eropa tersebut.

Event ini pertama kali diselenggarakan pada 1958, dan sudah menampilkan karya-karya dari perancang besar seperti Prada, Ji Wenbo, dan Armani.

Paris Fashion Week

Nama ini sempat viral setelah banyak artis Indonesia mengklaim hadir di acara mewah ini. Ya, kota Paris memang salah satu yang memiliki kontribusi sangat besar kepada dunia fashion.

Karena itu, tak salah jika memasukan nama Paris Fashion Week dalam jajaran Big Four.

Acara ini awalnya merupakan inisiatif pemerintah Prancis untuk mengumpulkan dana guna perbaikan Istana Versailles. Dan banyak nama besar yang sudah pernah masuk ke acara ini, seperti YSL, LV, dan Dior.

New York Fashion Week

New York juga tidak kalah dari kota lainnya. Tak hanya besar di kalangan perancang, tetapi juga di selebrita dari industri hiburan.

NY Fashion Week diselenggarakan dua kali dalam setahun, yakni pada Februari dan September. Buat kalian yang mau hadir, penyelenggaraan kedua tahun akan diadakan 9-14 September 2022 nanti, mengutip laman resminya.

Dalam sejarah penyelenggaraannya sendiri, sudah ada banyak nama besar yang iku, seperti Calvin Klein, Ralph Lauren, dan lainnya.

London Fashion Week

Kota London memang dikenal sangat serius dalam memegang tanggung jawab terhadap fashion global. London, juga menjadi yang termuda di antara yang lainnya dalam jajaran Big Four.

Tercatat, London Fashion Week pertama yang digelar secara langsung melalui internet pada 2012. Namun, kini ia menjelma menjadi salah satu pekan fesyen terbesar dan wajib untuk dikunjungi.

Tahun ini, berdasarkan jadwal yang mereka bagikan dalam laman resminya, London Fashion Week akan digelar 16-20 September 2022. (Eff)

Editor: Ties

RELATED NEWS