Desa Wisata Sriharjo, Destinasi Favorit Bagi ‘Pegowes’

Home 13 Des 2020, By Tyo Sulistyo
Desa Wisata Sriharjo, Destinasi Favorit Bagi ‘Pegowes’ (Tyo Sulistyo)

BANTUL-Desa Wisata Sriharjo, di Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, DIY kini semakin sering disambangi para pecinta gowes. Setiap Sabtu dan Minggu pagi, desa ini menjadi destinasi bagi kaum goweser ini.

Pemandangan alam menakjubkan dipadu dengan aliran air Sungai Oya, menjadikan desa ini ramai dikunjungi para pesepeda maupun wisatawan. Apalagi desa ini memiliki sejumlah spot instagramable untuk berfoto.

Jika mengikuti rute dari arah SMP 2 Imogiri ke timur, Anda akan mendapati Jembatan Gantung Pengkol. Jembatan ini baru selesai dibangun pada April 2020 lalu dan menjadi penghubung antara Desa Sriharjo dengan Desa Selopamioro.

Desain Jembatan Gantung Pengkol ini sangat menarik, sehingga para pesepeda selalu mampir untuk berfoto di jembatan ini.  Namun Jembatan Gantung Pengkol ini hanya bisa dilalui sepeda dan kendaraan roda dua.

Melanjutkan gowes dua kilometer ke arah timur, para pesepeda akan menemukan pemandangan indah berupa terasering bertuliskan ‘Sriharjo’. Tempat yang berada di Dusun Srikeminut ini tentu menjadi favorit bagi para goweser dan wisatawan untuk selfie atau foto bersama.

Tak berhenti sampai di situ. Kurang dari satu kilometer lagi ke arah timur, Anda akan melihat jembatan kokoh dengan warna oranye dan biru. Ini merupakan jembatan baru pengganti jembatan gantung yang lenyap akibat terhempas banjir pada 2017 silam. Jembatan ini juga menjadi lokasi favorit para pegowes untuk diambil gambarnya.

Selain spot-spot tadi, para pegowes juga bisa menikmati segarnya ciblon di Sungai Oya. Tapi jika memasuki musim hujan seperti saat ini, air Oya cenderung keruh dan berwarna kecoklatan. Ini sangat berbeda dengan saat musim kemarau di mana air begitu jernih.

Tak hanya spot-spot instagramable. Di sekitar jembatan baru ini juga terdapat banyak warung-warung yang menyambut kehadiran para pegowes maupun wisatawan.

Salah satu pegowes asal Bantul bernama Bowo mengakui dirinya sering datang ke Sriharjo. Biasanya ia datang bersama rekan-rekannya.

“Tempat ini sangat menarik. Pemandangannya bagus banget. Makanya, ini menjadi lokasi favorit bagi saya dan teman-teman untuk gowes,” katanya. (*)

undefined

Tyo S