jogjaaja.com

Elza Syarif Lantik Pengurus Baru, Perwira Komitmen Angkat UMKM Yogya

Ties - Kamis, 09 Juni 2022 18:23 WIB
Suasana pelantikan pengurus DPD Perwira DIY untuk masa bakti 2021-2026 pada Kamis (9/6/2022

YOGYA, Jogjaaja.com - Pengurus DPD Perkumpulan Perempuan Wirausaha dilantik pada Kamis (9/6/2022).

Pengurus baru untuk periode 2021-2026 ini berkomitmen untuk mengangkat derajat pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di wilayah setempat.

Ketua DPP Perwira, Elza Syarif menyampaikan, kepengurusan yang baru diharapkan bisa merangkul dan berkoordinasi dengan banyak pihak. Sebab dalam mengembangkan UMKM perlu sinergi yang kuat dan kolaborasi dengan berbagai unsur.

Di sisi lain, ia mendorong agar pelaku UMKM untuk bisa go digital. Sebab hal ini merupakan keharusan yang harus dilakukan oleh pelaku UMKM jika tidak ingin ketinggalan zaman dan naik ke taraf selanjutnya.

"Sejak 2016 sudah kita canangkan soal digitalisasi UKM. Dulu memang belum segencar sekarang. Tapi kan di masa pandemi terbukti bahwa dengan merambah ke dunia digital UMKM tetap bisa bertahan," ungkapnya.

Lebih lanjut, Elza juga mendorong agar pelaku UMKM di DIY berusaha untuk menyasar pasar luar negeri. Perlahan-lahan pelaku UMKM harus berani merambah pasar ekspor dan bersaing dengan produk dari negara lain.

"Karena di DIY ini kan produknya beragam ya dan kualitasnya mumpuni mulai dari kulit, batik dan lainnya itu tidak kalah dengan yang lain," jelasnya.

Sementara, Ketua DPD Perwira DIY, Rifzika Livia menyebut, pihaknya akan menggencarkan program pelatihan untuk membuat UMKM naik kelas. Pelatihan akan menyasar semua lini mulai dari permodalan, pemasaran, keuangan, dan pengemasan produk.

"Program kita tentu akan memperbanyak pelatihan untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas UKM. Karena di DIY ini kan cukup banyak UMKM yang kecil dan belum masuk ke golongan usaha mikro. Ini yang jadi target kami," imbuhnya.

Pelatihan tersebut akan menjadi modal penting bagi para pelaku UMKM. Apalagi pihaknya juga sudah bekerja sama dengan Bank BPD DIY untuk membantu aspek permodalan bagi UMKM yang terkendala dengan modal.

"Akan kami rangkul yang kecil-kecil ini, pelatihan juga akan menyasar menyeluruh misalnya saja terkait marketing, pengemasan, keuangan, permasalahan modal, atau lain sebagainya," jelas dia.

RELATED NEWS