jogjaaja.com

Gandeng Perbamida Jateng, PermataBank Dukung Digitalisasi BPR

Ties - Selasa, 21 Juni 2022 10:12 WIB
Agus Susanto (kanan berbaju putih) memberikan token of appreciation kepada perwakilan PERBAMIDA Jawa Tengah & D.I Yogyakarta - Sugeng Prijono SE. dalam acara Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Milik Pemerintah (PERBAMIDA) Jateng & DIY, 4 Juni 2022 di Hotel Harper Malioboro – Yogyakarta dihadapan 43 Direktur Utama Utama BPR se-Jawa Tengah dan Yogyakarta. PermataBank memberikan fasilitas cash management, API transfer dan pinjaman baik pola executing maupun channeling untuk mempermudah transaksi perbankan dan memperluas jangkauan pelayanan nasabah bagi BPR se-Jawa Tengah dan Yogyakarta.

YOGYA, Jogjaaja.com -PermataBank melanjutkan komitmennya dalam mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia melalui dukungan terhadap solusi digitalisasi Bank Perkreditan Rakyat (BPR) di Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Komitmen ini dikukuhkan pada acara Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Milik Pemerintah (PERBAMIDA) Jateng & DIY, 4 Juni 2022 di Hotel Harper Malioboro – Yogyakarta dan dihadiri oleh Agus Susanto, Head Region 5 (Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta) PermataBank beserta 43 Direktur Utama BPR se-Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Melalui kerja sama strategis dengan Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Milik Pemerintah Daerah (PERBAMIDA) Jawa Tengah dan Yogyakarta, PermataBank memberikan fasilitas cash management, API transfer dan pinjaman baik pola executing maupun channeling untuk mempermudah transaksi perbankan dan memperluas jangkauan pelayanan nasabah bagi BPR se-Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Head of Region 5 PermataBank, Agus Susanto mengungkapkan berterima kasih kepada PERBAMIDA Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta atas kepercayaannya terhadap pelayanan dan inovasi PermataBank khususnya melalui produk cash management yang telah memberikan manfaat bagi BPR di wilayah ini.

"PermataBank akan terus memperkuat inovasi produk dan jasa perbankan digital yang terbaik, memperdalam kemitraan strategis dengan nasabah untuk mengembangkan ekosistem di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta. Kami harap melalui inovasi produk dan teknologi ini, rekan-rekan BPR dapat terus meningkatkan pelayanan dan memberikan kemudahan kepada nasabahnya”.

Perwakilan PERBAMIDA Jawa Tengah & D.I Yogyakarta - Sugeng Prijono SE., mengatakan, “Kami sangat menghargai kerja sama yang terjalin antara PERBAMIDA Jateng & DIY dengan PermataBank. Semoga dengan inisiatif yang telah berjalan dengan BPR di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta dapat melancarkan penerapan digitalisasi perbankan yang lebih luas dan bermanfaat.”


Dalam acara Rakerwil ini PermataBank juga memberikan presentasi produk cash management dihadapan perwakilan BPR se-Jawa tengah dan Yogyakarta serta menyerahkan plakat kepada Sugeng Prijono SE., selaku Ketua PERBAMIDA Jawa Tengah dan D.I Yogyakarta.

Terhitung 298 institusi BPR terhimpun pada Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat (PERBARINDO Jateng) dan terdapat 82 institusi BPR milik pemerintah daerah (PERBAMIDA Jateng-DIY).

Sinergi PermataBank dengan PERBAMIDA beserta BPR – BPRS dan anggotanya bertujuan untuk menyediakan layanan berbasis digital yang mudah, murah, cepat, handal dan aman.

Seiring dengan perkembangan tuntutan transaksi digital, BPR dan lembaga keuangan lainnya tertantang untuk terus melakukan pengembangan digitalisasi layanan keuangan. Potensi peningkatan transaksi digital merupakan potensi pendapatan berbasis biaya (fee based income) dan juga dana murah bagi BPR.

Hal ini selaras dengan misi serta arah kebijakan pihak regulator untuk mendorong Bank Perkreditan Karya (BPR) maupun Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) segera bertranformasi ke arah digital agar tetap bertahan dan tumbuh menghadapi perkembangan industri keuangan yang sudah semakin digital.

Terkait hal tersebut, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah memberikan arah kebijakan yang tertuang pada POJK Nomor 25/03/2021 tentang penyelenggaraan produk untuk BPR/BPRS yang sudah diluncurkan tahun lalu.


POJK Penyelenggaraan Produk BPR/BPRS diterbitkan untuk meningkatkan kesempatan bagi BPR/BPRS berinovasi dan berkolaborasi dengan lembaga lain (Bank Umum) dalam menyelenggarakan produk berbasisi IT sejalan dengan perubahan perilaku dan ekspektasi masyarakat yang memanfaatkan teknologi informasi. (*)

RELATED NEWS