Hindari Kekosongan Kekuasaan, Helmi Jamharis Dilantik Menjadi Plh Bupati Bantul

Home 17 Feb 2021, By Tyo Sulistyo
Hindari Kekosongan Kekuasaan, Helmi Jamharis Dilantik Menjadi Plh Bupati Bantul (Pemkab Bantul)

BANTUL-Masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Bantul berakhir pada 17 Februari 2021. Selanjutnya Kabupaten Bantul akan dipimpin oleh pasangan Abdul Halim Muslih dan Joko Purnomo. Keduanya telah ditetapkan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Bantul terpilih pada Jumat (22/1/2021).

Meski sudah ditetapkan oleh KPU Bantul sebagai Bupati dan Wakil Bupati terpilih, keduanya belum bisa dilantik mengingat Abdul Halim Muslih sebelumnya menjabat sebagai Wakil Bupati Bantul. Untuk mencegah terjadinya kekosongan kekuasaan, maka dilakukan serah terima jabatan Bupati dari Suharsono kepada Plh Bupati Bantul sementara Helmi Jamharis.

Serah terima jabatan Bupati Bantul ini digelar di Manggala Sabha lantai 3, Komplek Parasamya. Acara diawali dengan penandatanganan berita acara serah terima jabatan oleh Bupati Bantul lama, Suharsono kepada Plh Bupati Bantul sementara Helmi Jamharis.

“Dengan berbagai pencapaian pembangunan di Kabupaten Bantul harus dilanjutkan, dan lebih baik lagi. Kami menyadari bahwa apa yang telah kami kerjakan bersama seluruh komponen masyarakat selama masa pengabdian ini tentu ada kekurangan dan perlu terus disempurnakan,” kata Suharsono dalam sambutannya.

Sementara itu, Plh Bupati Helmi Jamharis menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan serta apresiasi kepada Suharsono dan Abdul Halim Muslih yang telah sukses melaksanakan tugas dan pengabdiannya sebagai Bupati dan Wakil Bupati Bantul periode 2016-2021.

Gubernur DIY Sri Sultan HB X dalam sambutan yang dibacakan oleh Kepala Biro Pemerintahan DIY Sugeng Purwanto mengatakan bahwa momentum sertijab bupati adalah agenda penting pembangunan sekaligus menjadi bagian dari amanah demokrasi.

“Sertijab bupati ini dalam rangka menghindari ‘vacuum of power’ (kekosongan kekuasaan) di jajaran Pemkab Bantul agar pemerintahan tetap berjalan optimal,” katanya.

Gubernur DIY juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepadas Suharsono dan Abdul Halim Muslih atas kerja keras mereka dalam membangun Bantul selama 5 tahun terakhir. Sri Sultan berharap silaturahmi tetap berlanjut dan menjadi jembatan dalam bertukar pikiran untuk mendukung pembangunan Bantul. (*)

undefined

Tyo S