jogjaaja.com

Ikuti Tips Agar Foto Produk yang Estetik Agar Etalase Jualan Online Lebih Menarik

Ties - Sabtu, 06 Agustus 2022 15:17 WIB
Tips memotret yang tepat biar foto produk jualan terlihat lebih estetik..

BANDAR LAMPUNG - Saat jualan online, tampilan foto produk amat menentukan. Apabila foto jualannya bagus dan jelas, konsumen akan lebih tertarik untuk melihat-lihat hingga akhirnya mau membeli.

Inilah yang harus diperhatikan oleh para penjual, terutama seller baru.

Kamu butuh tips memotret yang tepat biar foto produk jualan terlihat lebih estetik. Sebab, sebagian besar konsumen mudah jatuh hati dengan etalase jualan online yang lebih menarik.

Berikut ini beberapa tips memotret produk yang estetik wajib diikuti:

Tak Punya Kamera? Tenang Masih Bisa Pakai HP

Hasil foto yang bagus memang bisa didapatkan dari kamera yang mumpuni. Namun, jika tak memilikinya, bisa mengandalkan HP. Sekarang ini sudah banyak HP yang dilengkapi oleh kamera berkualitas sehingga bisa diandalkan untuk memotret produk jualan dengan jernih dan tajam.

Atur fokus kamera agar terpusat ke objek atau produk yang sedang dipotret. Jika ingin mendapatkan kualitas gambar terbaik, manfaatkan mode manual untuk mengatur ISO, white balance, hingga exposure yang tepat dan sesuai keinginan.

Manfaatkan Karton Sebagai Background Putih

Supaya foto produk bisa terlihat lebih jelas, pastikan kamu menggunakan latar belakang putih. Background putih ini menggunakan karton putih yang lebih terjangkau dan bisa ditemukan di mana saja. Tujuannya agar tampilan produk lebih bersih, menghilangkan distraksi foto, hingga membuat ukuran foto tidak terlalu besar.

Gunakan Ring Light untuk Pencahayaan

Cahaya alami dari sinar matahari memang bagus. Tetapi, kadang cuaca tak selalu mendukung alias bisa berubah-ubah. Belum lagi ditambah kesibukan lainnya sehingga mungkin saja kamu baru dapat memotret produk saat malam hari.

Untuk mengakalinya, gunakan ring light sebagai sumber pencahayaan. Fungsi dari ring light ini dapat menambah pencahayaan pada objek kamera agar lebih merata, sehingga hasil foto lebih jelas dan detailnya terlihat.

Ambil Foto dengan Beragam Angle

Selanjutnya kreasikan fotomu dengan beragam angle pemotretan. Pada produk makanan, akan lebih baik diambil dari angle atas atau flat lay. Kamu dapat menata produk tetap di dalam kemasan ataupun dipajang di atas piring.

Ambil juga beberapa potret dari depan, samping dan belakang. Jadi, ketika dipajang di toko online kamu, konsumen bisa lebih tertarik untuk melihat-lihat sampai jatuh hati untuk membeli.

Edit Foto Sebelum Upload

Beres memotret, jangan buru-buru upload. Kamu bisa mengedit tipis-tipis seperti mengatur tingkat kecerahan, kontras, bayangan, saturasi dan ketajaman fotonya. Hindari menggunakan filter dan over-saturation agar foto lebih natural dan tidak seperti dibuat-buat.

Dengan foto produk yang bagus, seller bisa memaksimalkan penjualannya di e-commerce. (*)

Editor: Ties
Bagikan

RELATED NEWS