jogjaaja.com

Incantation, Film Horor Mencekam Taiwan Berdasarkan Kisah Nyata!

Ties - Minggu, 17 Juli 2022 08:40 WIB
Fakta Menarik dari Film Incantation Horor Mencekam Taiwan

JAKARTA - Film Incantation kini tengah ramai dibicarakan, bahkan film ini digadang-gadang menjadi film horor Taiwan terbaik 2022. Bahkan mendapat sebutan film Taiwan paling seram yang pernah ada.

Incantation menceritakan tentang Film Incantation menceritakan tentang kisah seorang ibu yang berusaha menyelamatkan anaknya dari kutukan mematikan karena suatu hal yang dilanggarnya dulu. Sebenarnya penyembahan pada sekte menjadi hal yang tidak dibenarkan dan menjadi hal tabu di kalangan masyarakat.

Film yang disutradarai oleh Kevin Koi ini dikemas dengan gaya rekaman found footage. Incantation menghadirkan Tsai Hsuan-yen, Huang Sin-ting, Kao Ying-hsuan sebagai pemeran dalam film ini

Berikut TrenAsia rangkum fakta-fakta menarik tentang film Incantation :

1. Berdasarkan Kisah Nyata

Film 'Incantation' diadaptasi berdasarkan kisah nyata di Taiwan yang melibatkan keluarga pemuja kultus atau sekte sesat.

Cerita nyata tersebut diangkat dengan tujuan untuk menciptakan hubungan interaktif antara penonton. Hal tersebut juga menjadi daya tarik tersendiri bagi film 'Incantation' hingga viral, bahkan berhasil meraih keuntungan tertinggi di Taiwan.

Netizen menemukan kesamaan insiden yang juga menimpa keluarga Taiwan bernama Wu pada 2005. Kejadian nampak sama karena sang putri juga dikabarkan meninggal karena beberapa kegagalan organ tubuh dan memar seperti di film tersebut.

2. Direkam Layaknya Film Dokumenter

Film ini direkam dengan gaya dokumenter atau disebut dengan mockumentary. Film dengan penggayaan dokumenter memanfaatkan sinematik yang naratif fiksi.

Hal itu yang membuat khalayak publik menjadi penasaran dan tertarik untuk menonton. Rasa ketakutan akan kematian dan kekuatan dari hal-hal gaib yang disuguhkan secara apik dalam film ini.

3. Ronan Hadiri Acara Kultus yang Bertopeng Acara Keluarga

Kembali ke 6 tahun yang lalu, Rou Nan mengikuti pacarnya ke sebuah acara keluarga. Tanpa disadarinya, acara tersebut bukanlah sebuah acara keluarga biasa.

Melainkan acara sebuah kultus sesat yang juga dianut oleh pacar Rou Nan. Kisah ini menjadi semakin menegangkan ketika Rou Nan melanggar salah satu peraturan yang diyakini kultus tersebut.

Dikarenakan pelanggaran itu pula mengakibatkan Rou Nan kehilangan kekasih dan keluarganya akibat kematian misterius.

4. Mulai Dapatkan Gangguan di Luar Nalar

Setelah kultus itu Rou Nan tak bisa lagi hidup dengan normal. Ia kerap mengalami gangguan mental karena kutukan yang menimpa dirinya. Bahkan putrinya yang baru lahir harus dititipkan ke panti asuhan demi kebaikannya.

Sayangnya Rou Nan menemukan tanda kutukan dalam diri putrinya, yaitu Duo-duo. Dalam upaya menyelamatkan sang putri dari kutukan, Rou Nan harus menghadapi banyak hal di luar nalar manusia.

5. Jadi Film Horor Taiwan Tersukses


Selain menyuguhkan adegan apik, film ini juga memainkan jumpscared yang membuat penonton tegang. Incantation telah menghasilkan US$5,7 juta atau setara dengan Rp85,45 miliar (kurs Rp14.991) dan terus bertambah.

Film tersebut menjadi tayangan terlaris tahun 2022 di box office Taiwan.

Selain itu juga menorehkan prestasi di Penghargaan Film Taipei yakni masuk dalam 7 nominasi serta menyabet gelar Fitur Narasi Terbaik dan Sutradara Terbaik.

Bagikan

RELATED NEWS