jogjaaja.com

Ingin Seperti Ghozali Everyday? Begini Cara Mudah Menjual NFT di OpenSea

Tyo S - Jumat, 14 Januari 2022 21:19 WIB
Jual 900 Foto Selfie, NFT Ghozali Everyday Laku Hingga Rp14 Miliar

YOGYAKARTA, Jogjaaja.com – Nama Ghozali Everyday dalam beberapa hari terakhir menjadi sorotan di media social. Ia berhasil menjual foto selfie-nya hingga miliaran rupiah dari Non-fungible token (NFT).

Foto-foto selfie itu dikumpulkan Ghozali sejak 2017 hingga 2021. Ia kemudian menjualnya melalui marketplace NFT, yaitu OpenSea.

Lalu, bagaimana sebenarnya cara menjual foto NFT di OpenSea seperti yang dilakukan Ghozali tersebut?

Non-fungible token (NFT) merupakan salah satu produk blockchain yang masih terus booming hingga awal tahun ini. Bahkan peminatnya terus bertambah.

Transaksi beli dan jual saat ini paling banyak terjadi di Opensea yang merupakan marketplace NFT terbesar di dunia saat ini.

Banyak orang sudah dapat cuan dari minting atau membeli NFT harga murah kemudian menjualnya dengan harga lebih tinggi. OpenSea sendiri merupakan pasar jual beli NFT dengan perputaran uang terbesar. Platform ini menjadi salah satu pilihan bagi pembeli, penjual, maupun kreator NFT untuk bertransaksi.

Selain OpenSea, sebenarnya ada beberapa marketplace yang juga digunakan untuk melakukan transaksi NFT, seperti Rarible, Mintable, Nifty Gateway.

Umumnya, transaksi jual beli NFT dilakukan dengan menggunakan mata uang kripto yakni ethereum (eth), namun dapat menggunakan token lainnya sesuai dengan kesepakatan antara penjual dan pembeli.

Tidak ada batasan aset digital yang dapat dibeli dan dijual di platform ini mulai dari cryptokitties, karya seni, hingga nama domain.

Menjual sebuah aset digital di OpenSea memerlukan akun yang sudah terdaftar. Jika Anda belum memiliki akun tersebut, perlu diketahui bahwa hanya pengguna terdaftar dengan dompet terkonfigurasi yang dapat menjual NFT.

Jika Anda telah memiliki akun tersebut, maka membeli atau menjual NFT di OpenSea adalah hal yang relatif mudah. Berikut cara menjual NFT di OpenSea, seperti dikutip dari Alphr:

1. Masuk ke laman OpenSea.io dan log in ke akun Anda

2. Klik pada foto profil Anda di bagian kanan atas

3. Pilih 'Profile'

4. Pilih NFT yang ingin dijual dari wallet Anda

5. Pilih 'Sell' untuk diarahkan pada halaman penjualan

6. Pilih jenis dan harga jual. Anda dapat menetapkan harga tetap atau lelang. Dengan lelang, masukkan harga awal, waktu kedaluwarsa, dan ambang harga. Adapun durasi penjualan bisa berlangsung selama satu hari, tiga hari, atau seminggu.

7. Ketika pengaturan penjualan telah selesai, klik 'Complete Listing'.

8. Untuk pendaftaran penjualan pertama, Anda harus memverifikasi wallet Anda, dengan cara menyelesaikan dua buah transaksi. Yang pertama adalah untuk menginisiasi akun Anda untuk penjualan, dan yang lainnya adalah memberikan akses item ke OpenSea saat penjualan berlangsung.

9. Setelah membayar fee, konfirmasi rincian penjualan dan post NFT yang ingin dijual di OpenSea.

Setelah mendaftar NFT yang ingin dijual, Anda dapat menggunakan kolom 'Activity' di sebelah kiri untuk melihat daftar aset digital yang sedang Anda jual.

Itulah cara menjual NFT di OpenSea melalui marketplace OpenSea yang dapat kamu lakukan dengan mudah. (*)

RELATED NEWS