jogjaaja.com

Jangan Asal, Tipe Kepribadian Bisa Jadi Penentu Pengaturan Keuanganmu

Ties - Rabu, 23 November 2022 11:43 WIB
Tidak Sembarangan, Ternyata Cara Mengatur Uang Bisa Disesuaikan dengan Tipe Kepribadian (Freepik.com/Drobotdean)

JAKARTA - Respon Anda terhadap uang ternyata bisa ditentukan oleh kepribadian Anda.

Dengan memahami kepribadian dan kebiasaan Anda maka Anda bisa mengetahui bagaimana cara mengatur uang yang sesuai dengan kondisi dan karakter Anda.

Ada lima tipe kepribadian dalam mengelola uang, yaitu pembelanja besar, penghemat atau penabung, pembelanja, investor, dan debitur.

Pembelanja besar menyukai belanja barang yang harganya mahal seperti ponsel terbaru dan tercanggih, televisi 4k terbesar, dan rumah yang indah. Sedangkan tipe penghemat mereka justru kebalikan dari pembelanja besar dan tidak mengikuti tren terkini.

Tipe kepribadian pembelanja cenderung lebih puas jika mereka membelanjakan uang meski bukan barang murah yang tidak mereka butuhkan. Sedangkan tipe debitur cenderung membelanjakan lebih dari yang mereka hasilkan dan terlilit utang tanpa banyak berpikir untuk investasi. Tipe terakhir yaitu investor yang sadar akan uang dan mengetahui situasi keuangan mereka dan mencoba menggunakan uang dengan hati-hati

Cara Mengatur Keuangan Berdasarkan Tipe Kepribadian

Setelah Anda mengetahui tipe kepribadian Anda, saatnya mengetahui apa yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan apa yang Anda miliki.

1. Tipe Pembelanja Besar

Jika Anda suka belanja, kemungkinan besar Anda akan terus melakukannya. Akan tetapi Anda bisa menyiasatinya dengan harus mencari nilai jangka panjang dari barang tersebut dan bukan hanya kepuasan jangka pendek.

Sebelum Anda membeli sesuatu yang mahal atau trendi, tanyakan pada diri sendiri seberapa besar arti pembelian itu bagi kehidupan Anda dalam setahun. Jika tidak banyak berarti, segera lewati. Dengan cara ini, Anda dapat mencoba membatasi pengeluaran untuk hal-hal yang benar-benar akan Anda gunakan saja.

2. Tipe Penabung atau Penghemat

Anda bisa melakukan moderasi dalam segala hal. Jangan biarkan semua bagian hidup yang menyenangkan berlalu begitu saja hanya untuk menghemat sedikit uang.

Sesuaikan upaya tabungan Anda. Meski meminimalisir risiko adalah tujuan utama investor, meminimalkan risiko sambil memaksimalkan return adalah kunci keberhasilan investasi.

3. Tipe Pembeli atau Pembelanja

Langkah penting bagi tipe kepribadian ini adalah dengan mengendalikan uang atau kartu kredit yang Anda miliki. Jangan habiskan uang khususnya uang yang tidak Anda miliki.

4. Tipe Debitur

Jika Anda memiliki kepribadian debitur, Anda perlu mengatur keuangan dan membuat rencana untuk memulai berinvestasi. Anda mungkin tidak dapat melakukannya sendiri, jadi Anda bisa mendapatkan bantuan profesional investasi terpercaya untuk memandu investasi Anda.

5. Tipe Investor

Secara finansial, tipe kepribadian investor sudah mampu mengatur keuangan dengan baik. Jika Anda memiliki tipe kepribadian ini, Anda perlu mempertahankannya agar Anda bisa terus menjaga keuangan Anda.

Itu tadi beberapa cara mengelola dan mengatur keuangan berdasarkan tipe kepribadian.

Mengelola uang memang melibatkan kesadaran diri, mengetahui di mana Anda berdiri saat ini akan memungkinkan Anda mengubah perilaku Anda untuk mencapai tujuan keuangan dan hidup Anda dengan lebih baik.

Bagikan

RELATED NEWS