jogjaaja.com

Jelang Peringatan Hari Bakti TNI AU, Jet Tempur Meraung di Langit Jogja

Ties - Kamis, 28 Juli 2022 19:33 WIB
null

SLEMAN, Jogjaaja.com - Sejak beberapa hari terakhir pemandangan di langit Jogja tampak lain.

Dua jet tempur terlihat bolak-balik melintas, dan raumannya terdengar bahkan sejak pukul 10.00 WIB pagi.

Kepala Penerangan dan Perpustakaan (Kapentak) Lanud Adisutjipto, Mayor Suprih Andariyanto menjelaskan, kedua jet tempur itu sedang melakukan latihan di wilayah udara Lanud Adisutjipto Jogja.

Kegiatan latihan itu merupakan persiapan dari rangkaian Hari Bakti TNI AU, yang rencananya akan diperingati pada Jumat (29/7/2022) mendatang.

"Ada dua jenis pesawat yang latihan di area udara Jogja pada pagi ini yaitu T-50 Golden Eagle dan F-16 Fighting Falcon,” katanya kepada wartawan, dikutip Kamis (28/7/2022).

“Latihan ini dalam rangka persiapan kegiatan 29 Juli," Mayor Suprih mengimbuhkan.

Hari Bakti TNI AU, yang peringatannya akan digelar Jumat nanti, merupakan upacara untuk mengenang dan mengabadikan peristiwa gugurnya para tokoh dan perintis Angkatan Udara tersebut di Indonesia.

Mengutip laman resmi TNI AU, sejak tahun 1955, tanggal 29 Juli selalu diperingati sebagai “Hari Berkabung” Angkatan Udara Republik Indonesia (AURI). Mulai 29 Juli 1962, diubah menjadi “Hari Bakti TNI AU”, yang sejak saat itu seluruh warga TNI AU memperingatinya secara terpusat di Pangkalan Udara Adisutjipto.

Adapun, rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam mengenang peristiwa itu, biasanya meliputi acara pokok seperti ziarah di Monumen Ngoto dan Upacara di Lapangan Dirgantara Kampus AAU.

Sementara acara tambahan meliputi Karya Bakti, yang dilaksanakan di setiap Lanud dan Malam Sambung Rasa antara Pejabat AU, para senior, dan Karbol.

Untuk dua pesawat yang berlatih pada hari Rabu sendiri, merupakan jet tempur F-16 dan T-50 Golden Eagle. Kedua pesawat ini berhomebase di Lanud Iswahjudi Madiun; F-16 di Skuadron Udara 3, sedangkan yang satunya di Skuadron Udara 15.

Laman TNI AU menjelaskan, jet tempur F-16 merupakan Tempur Sergap dengan kode TS. Pesawat ini didatangkan ke Indonesia melalui program hibah dengan Amerika Serikat.

Pada perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 2021, formasi pesawat tempur F-16 milik TNI Angkatan Udara (TNI AU) turut memeriahkan peringatan HUT ke-76 RI . (Anz)


Sementara T50i Golden Eagle merupakan kategori pesawat Tempur Taktis dengan kode TT yang biasa digunakan oleh penerbang tempur di awal kariernya untuk berlatih.

Pesawat ini merupakan buatan proyek kolaborasi antara Korean Aerospace Industries (KAI) dan Amerika Serikat. Ia didatangkan ke Indonesia pada pertengahan 2013 untuk menggantikan Hawk MK-53 yang sudah uzur. (Eff)

RELATED NEWS