jogjaaja.com

Jumlah Wisatawan Lampaui Target, Habiskan Belanja Rp1,95 Juta

Ties - Jumat, 25 November 2022 10:42 WIB
Kolam renang di Taman Edum Park ramai dikunjungi wisatawan lokal.

YOGYA, Jogjaaja.com - Jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kota Jogja jauh melampaui target. Tak hanya itu, tingkat belanja para wisatawan pun juga melesat signifikan.

Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Jogja menyebut, hingga bulan Oktober 2022 saja, tercatat sudah ada sekitar 5,8 juta pelancong yang berkunjung ke Jogja. Padahal, pihaknya hanya mematok target 2 juta kunjungan tahun ini.

"Lama tinggal wisatawan juga meningkat jadi 1,7 hari. Kemudian, tingkat belanja yang ditargetkan Rp1,6 juta per wisatawan, sejauh ini terealisasi Rp1,95 juta. Melebihi target," kata Kepala Bidang Promosi Pariwisata Dispar Kota Jogja, Andrini Wiramawati, Rabu (23/11/2022).

Kendati alam peningkatan, upaya menggenjot promosi pariwisata diakui Andriani tetap harus digaungkan oleh Pemkot Jogja. Terutama untuk menyedot antusiasme turis asing pada 2023 mendatang. Hal ini bukan tanpa sebab. Menurut Andriani, sepanjang 2022 ini, kunjungan didominasi oleh turis dalam negeri. Sementara kunjungan wisatawan mancanegara cenderung minim.

"Kunjungan turis asing baru sekitar 74 ribu. Mereka selama ini masih terpusat di kawasan Prawitotaman, tapi secara keseluruhan sepertinya belum merata, dan ini coba kita dorong lagi," ungkapnya.

Alhasil, berbagai strategi pun sudah dicanagkannya untuk perbaikan di sektor pariwisata pada 2023 nanti. Salah satunya dengan melaunching sejumlah event unggulan untuk tahun depan.

Sebagaimana diketahui, Dispar Kota Jogja sendiri akan menghadirkan 12 event unggulan yang akan dirilis dalam Calendar of Event 2023. Rencananya, kalender agenda ini akan dibranding dengan Launching Kalender Semarak Event Pariwisata Yogyakarta (Laksmita), yang akan diluncurkan pada 25 November mendatang.

Adapun, 12 event unggulan ini meliputi Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta XVIII (Januari), Jogja Cross Culture (Mei), Pawai Alegoris Harmoni Jogja (Juni), ARTJOG 2023 (Juli), Prambanan Jazz 2023 (Juli), Pasar Kangen (Agustus), Sumonar Fest 2023 (September), Wayang Jogja Night Carnival #8 (Oktober), Kustomfest Biennale Jogja (Oktober), Malioboro Coffee Night #5 (Oktober).

"Terakhir ada NGAYOGJAZZ yang acaranya digelar November 2023, yang cuplikannya juga akan ditampilkan di Laksmita," pungkas Andrini. (Eff)

RELATED NEWS