jogjaaja.com

Kabar Duka, Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia

Ties - Jumat, 01 Juli 2022 12:29 WIB
Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo (Dok. Humas Setkab)

JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat, 1 Juli 2022 di Jakarta.

Ia meninggal dunia setelah beberapa hari menjalani perawatan intensif di rumah sakit.

Kabar duka tersebut disampaikan oleh Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana lewat pesan singkatnya yang mengabarkan, Tjahjo Kumolo telah meninggal pada pukul 11.10 WIB di Rumah Sakit (RS) Abdi Waluyo.

“Telah kembali ke haribaan Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Memiliki HambaNya. Bapak Tjahjo Kumolo Menteri PAN dan RB, pada pukul 11.10 WIB di RS Abdi Waluyo, Jakarta," kata Bima kepada TrenAsia pada Jumat, 1 Juni 2022.

Sebelumnya, Tjahjo menjalani perawatan intensif di rumah sakit sejak dua pekan terakhir, sebelum meninggal dunia pada hari ini.

Dalam kesempatan tersebut Bima mengatakan, belasungkawa kepada pihak keluarga yang ditinggalkan agar diberikan ketabahan dan kesabaran.

"Semoga keluarga besar yang ditinggalkannya diberi tambahan ketabahan dan kesabaran," kata Bima.

Profil Tjahjo Kumolo

Almarhum Tjahjo Kumolo lahir di Surakarta, Jawa Tengah, 1 Desember 1957. Pada akhir hayatnya, politikus PDIP ini menjabat sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia sejak 23 Oktober 2019, pada Kabinet Indonesia Maju.

Tjahjo sebelumnya pernah menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri Indonesia yang menjabat dari 27 Oktober 2014 hingga 20 Oktober 2019 pada Kabinet Kerja.

Rekam jejak politiknya antara lain, terpilih menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia periode 2009–2014 dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) dengan wilayah pemilihan Jawa Tengah I.

Juga pernah menjadi Ketua Fraksi PDI-P di DPR RI dan juga menjadi anggota Komisi I yang membidangi pertahanan, luar negeri, dan informasi di DPR RI.

Tjahjo Kumolo menduduki posisi sebagai Sekretaris Jenderal DPP PDIP periode 2010-2015 yang pada periode sebelumnya duduk sebagai Ketua DPP Bidang Politik PDI-P.


Sebelumnya juga pernah tercatat sebagai Ketua Umum KNPI dan anggota Partai Golongan Karya.

Editor: Ties
Bagikan

RELATED NEWS