jogjaaja.com

Kasus Suap, Eks Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti Kena OTT KPK?

Ties - Kamis, 02 Juni 2022 20:21 WIB
Juru Bicara KPK, Nurul Gufron

YOGYA, Jogjaaja.com - Eks Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti yang dilaporkan diamankan dalam operasi tangkap tangan (OTT) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terjerat kasus suap.

Juru Bicara KPK, Nurul Gufron membenarkan bahwa pihaknya melakukan OTT di wilayah Yogya pada Kamis (2/6/2022). Selain Haryadi, pihaknya juga mengamankan beberapa pihak yang diduga terlibat dalam tindak pidana korupsi suap.

"Benar, hari ini Kamis (2/6) KPK telah melakukan kegiatan tangkap tangan terhadap beberapa pihak yang diduga sedang melakukan tindak pidana korupsi suap di Yogyakarta," kata Ali Fikri dalam keterangan resminya.

Dia menjelaskan, Haryadi bersama sejumlah pejabat lain saat ini telah dibawa ke Jakarta tepatnya di gedung merah putih KPK untuk dimintai keterangan. Pihaknya akan menentukan status hukum terhadap Haryadi dan pejabat Pemkot Yogya dalam 1x24 jam.

"Tim segera melalukan permintaan keterangan terhadap para pihak dimaksud. Segera setelahnya akan kami sampaikan perkembangannya," ujarnya.

Sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dilaporkan melakukan operasi tangkap tangan (OTT) di Yogyakarta. Dalam OTT itu mantan Walikota Jogja, Haryadi Suyuti dilaporkan ditangkap pada Kamis (2/6/2022) sore.

Dalam OTT tersebut, ruangan kerja Walikota dilaporkan disegel oleh petugas KPK. Hal ini dibenarkan oleh Pj. Walikota Yogya Sumadi saat dikonfirmasi oleh wartawan.

Sumadi menjelaskan, pada siang tadi sekitar pukul 13.00 Wib dirinya bertolak dari Pemda DIY ke Balaikota Yogya untuk mengikuti agenda rapat.

Sesampainya di ruangan kerja, ia disatroni petugas KPK. (Anz)

Editor: Ties

RELATED NEWS