jogjaaja.com

Kerek Nilai Jual, Gusti Putri Apresiasi Lomba Lukis Tas Pandan

Ties - Minggu, 26 Desember 2021 08:10 WIB
Gusti Putri mengapresiasi karya pemenang

YOGYA, Jogjaaja.com - Tas ini banyak dijual di Pasar Beringharjo dengan harga ekonomis. Untuk mengangkat nilai jual tas pandan dan mampu memberdayakan perempuan lansia, khususnya di daerah Pandak, Bantul, maka Panitia Peringatan Hari Ibu Tahun 2021 Daerah Istimewa Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan lomba melukis di atas tas pandan, dalam rangkaian acara memperingati Hari Ibu ke-93.

Lomba lukis yang diikuti oleh peserta dari perwakilan lima Organisasi Wanita di Daerah Istimewa Yogyakarta ini, mendapat apresiasi dari penasehat Panitia PHI, GKBRAA Pakualam.

Gusti Putri sangat bangga dan mengapresiasi seluruh hasil karya anak-anak peserta lomba. Hal ini disampaikan secara langsung saat memberikan motivasi dan arahan kepada para pemenang lomba pada acara penyerahan hadiah dan topi kepada pemenang di Bale Tanjung, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta belum lama ini.

“Alhamdulillah lomba mewarnai tas pandan yang diadakan dalam rangka peringatan Hari Ibu ke-93 tahun 2021 sudah terlaksana deng baik, dan pagi hari ini kita memberikan hadiah-hadiah kepada para pemenangnya. Harapan saya semoga para pemenang dan peserta lainnya mampu mengasah keahliannya dalam mewarnai dan melukis baik itu di media kertas, kanvas maupun tas pandan ini,” jelas Gusti Putri.

“Hebat adik-adik luar biasa, ini adalah menjadi awal adik-adik bisa melukis tidak hanya di kanvas, dikertas, tapi ternyata di tas pandan pun adik-adik bisa berkarya dengan hasil yang luar biasa, saya senang sekali" ungkapnya.

Dari hasil penjurian, ditetapkan 6 enam orang pemenang dari jumlah 100 peserta. Panitia menyerahkan hadiah dan tropi kepada dua kategori lomba melukis tas pandan yaitu; Juara I, II, dan III, serta Juara Harapan I, II, dan III. Adapun nama pemenang lomba melukis tas pandan adalah sebagai berikut:

Juara I, ananda Muhammad Al Farel Ghazali, perwakilan dari BKOW DIY
Juara II, ananda Nadya Belva Nugraha perwakilan dari Dharma Pertiwi Koorcab DIY
Juara III, ananda Juara III Soca Maktal Sacadinata perwakilan dari DWP DIY
Juara Harapan I, ananda Zalifah Ayu Setyani perwakilan dari BKOW DIY
Juara Harapan II, ananda Rifda Xena Zurisha perwakilan dari Bhayangkari PD DIY
Jaura Harapan III, ananda Insan Nirwana perwakilan TP PKK DIY


Penyerahan hadiah dan tropi kepada pemenang Juara I, II, dan III dilakukan oleh GKBRAA. Paku Alam. Sedangkan penyererahan hadiah dan tropi kepada para Juara Harapan I, II, dan III dilakukan oleh Ibu Sri Endah Pujiastuti Baskara Aji selaku Ketua Pelaksana Panitia Peringatan Hari Ibu Tahun 2021 Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pada kesempatan ini, Gusti Putri juga memberikan arahan dan motivasi agar anak-anak bisa memanfaatkan peluang yang ada sebagai hobi, dan berpesan kepada para orang tua untuk mengembangkan bakat putra-putrinya.

Adapun ibu Sri Endah Pujiastuti Baskara Aji menyampaikan bahwa dengan diadakannya kegiatan lomba melukis di atas tas pandan semoga dapat memotivasi kaum milenial untuk melestarikan kerajinan tas pandan. Selain itu, dapat mengasah terus bakat yang dimiliki sehingga mampu berkarya dan berdaya guna. (*)

Editor: Ties

RELATED NEWS