Kolaborasi 33 Komunitas di Jember Siap Tebar Paket Daging Kurban 1442 H

Tyo S - Senin, 19 Juli 2021 23:26 WIB
Berbagai komunitas di Jember dan Bondowoso ikut membagikan daging kurban ke masyarakat yang membutuhkan. (sumber: Istimewa)

JEMBER, Jogjaaja.com – Kolaborasi berbagai komunitas seperti Bold Riders, Heppiii Community, dan Super Friends di Jember akan menggelar kegiatan kurban dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1442 H. Jumlah komunitas yang terlibat dalam kolaborasi ini lebih dari dua kali lipat dibanding tahun lalu.

Koordinator acara Agung Prasetyo mengatakan, tahun ini terdapat sebanyak 33 komunitas dari berbagai latar belakang. Mereka berhasil mengumpulkan 21 ekor kambing Selanjutnya, kambing di distribusikan ke sejumlah titik di Jember dan Bondowoso. Pada hari raya kurban yaitu 10 Dzulhijjah atau 20 Juli 2021, setelah dilakukan pemotongan maka akan dibagikan dalam bentuk paket kurban kepada masyarakat penerima.

“Antusiasme komunitas tahun ini sangat tinggi untuk ikut terlibat dalam kegiatan ini. Tahun lalu yang ikut 15 komunitas, dan sekarang 33 komunitas,” katanya, Minggu (18/7).

Persiapan yang cukup matang, ditambah tema acara sosial, kemudian target pembagian juga sampai ke pelosok-pelosok membuat banyak komunitas tertarik untuk ikut bergabung. Selain panti asuhan, pondok pesantren, serta warga yang sekitar tempat pemotongan, paket daging kurban juga akan diberikan ke desa-desa terpencil.

“Sekarang kambing sudah tersebar semua, tinggal nanti penyembelihan dan pembagian pada hari Kurban. Kami menggelar pembagian dengan jumlah anggota terbatas dan dengan protokol Kesehatan yang ketat,” imbuhnya.

Komunitas yang terlibat dalam kegiatan ini adalah anak motor Bold Riders yang terdiri dari Byson Rider Jember, NVL (New Vixion Lighting)-Rider Jember, NINJERS (Ninja Jember Souls), Dewata Rockers MG Jember, YVCI-VJ (Yamaha Vixion Club Indonesia Chapter Jember), YR15CI Jember (Yamaha R15 Club Indonesia),  V-One Celebes Club Chapter Bondowoso, YVCI-BS (Yamaha Vixion Club Indonesia Chapter Bondowoso), Bondowoso Street Fire Club (BOSEFIC), CCI-BS (Honda CBR Club Indonesia) Bondowoso, ARC B (Adventure Rider Community), GMC C70 (Gerbong Maut Community), BARBOSA (Byson Absolute Rider Bondowoso Adventure).

Kemudian dari Heppiii Community, yakni ARCA (Arek Cangkring), Karya Muda Pontang & Reog Singo Muncul, LSK (Laskar Segoro Kidul), The Ello Godhog, IMMB (Ikatan Muda Mudi Bersatu) Dukuh Dempok, ARTAM (Arek Tamansari), RKM (Rukun Kematian Masyarakat) Penitik, Sorban (Solidaritas Remaja Bagorejo Krajan), Karat Besi, Sembara.

Ikut terlibat juga dalam kegiatan ini Ndoyonk Community, Lare Ponjer Community, KAK (Komunitas Arek Kencong), GOBAR, MITRA KERJA. Kemudian fans club FCBI Jember, MCSCI Jember, FB Jember, ICI Jember, serta PRMI Jember. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (KITA) tahun 2021. Bersamaan dengan momentum hari Kurban 1442 H, Kolaborasi KITA menggelar program #KITABerbagi2021 dengan tema ‘KITA Berbagi, Merajut Peduli Untuk Sesama’. Kegiatan ini melibatkan 679 komunitas dengan lebih dari 14.000 anggota di 82 kabupaten/kota. Namun dalam pelaksanaan nanti, masing-masing komunitas hanya diwakili beberapa anggotanya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan secara ketat. 

Komunitas yang terdiri dari Bold Riders, Super Friends, Heppiii Community, dan Kill The LAst ini berhasil mengumpulkan lebih dari 670 kambing dan 7 sapi. Hewan-hewan kurban itu kemudian dipotong dan dagingnya diberikan kepada ribuan anggota masyarakat yang berhak, yang tersebar di 82 kabupaten/kota.

Kegiatan oleh Kolaborasi KITA ini merupakan tahun kedua. Pada tahun 2020, kegiatan yang sama melibatkan 379 komunitas dengan donasi sebanyak 5 ekor sapi dan 202 ekor kambing. Saat itu lebih dari 5.000 paket daging kurban berhasil dibagikan kepada masyarakat di 42 kabupaten/kota di Indonesia Timur. (*)

Editor: Tyo S

RELATED NEWS