jogjaaja.com

Liburan di Muspusdirla Kenalkan Sejarah dan Pesawat Terbang

Ties - Selasa, 24 Januari 2023 07:07 WIB
Sejumlah warga dan pelajar saat menyambangi Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala Yogyakarta, Senin (23/1/2023).

BANTUL, Jogjaaja.com - Libur akhir pekan yang disambung dengan cuti bersama libur Tahun Baru Imlek 2023 menjadi momen menggembirakan bagi masyarakat. Terlebih bagi yang tinggal di luar kota Yogyakarta.

Banyak dari mereka yang berwisata di Yogyakarta, termasuk ke Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala (Muspusdirla). Salah satunya keluarga Riyadi.

Keluarga dari Kabupaten Batang ini ke Muspusdirla selain untuk piknik, juga untuk mengenalkan pesawat terbang kepada anaknya yang berusia 5 tahun.

Riyadi datang di Muspusdirla, Senin (24/1/2023). Sembari menunggu Muspusdirla buka, ia bersama keluarganya berjalan-jalan melihat koleksi pesawat terbang yang berada di halaman. Hampir di setiap pesawat, Keluarga Riyadi menyempatkan foto bersama.

"Untuk kenang-kenangan," ucapnya singkat.

Sama halnya dengan keluarga Riyadi, rombongan dari SMP PGRI Pasir Sakti juga ingin melihat pesawat dari dekat. Rombongan siswa dari Lampung Timur ini datang ke Muspusdirla bersama beberapa guru mereka.

Salah satu guru pendamping, Santo mengatakan Museum Pesawat Terbang menjadi tujuan utama. Namun beberapa destinasi wisata juga akan dikunjungi selama berwisata di Yogyakarta.

"Di Museum Pesawat Terbang, para siswa belajar sejarah Angkatan Udara. Selain itu juga untuk melihat dari dekat bahkan bisa foto dengan pesawat terbang. Karena di Lampung Timur, para siswa jarang melihatnya," ungkap Santo yang sehari-harinya mengampu mata pelajaran sejarah.

Penyebutan Museum Pesawat Terbang untuk Muspusdirla menurut Kepala Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala Kolonel Sus Yuto Nugroho memang beralasan, mengingat di museum yang terletak di Pangkalan Udara Adisutjipto itu, Muspusdirla memiliki koleksi 61 pesawat terbang dengan berbagai jenis.

"Muspusdirla memang dikenal dengan sebutan Museum Pesawat Terbang," terang Kolonel Sus Yuto.

RELATED NEWS