jogjaaja.com

Lindungi Privasi, Begini Cara Matikan Fitur Pelacakan Google

Ties - Selasa, 22 November 2022 16:48 WIB
Ilustrasi logo Google

JAKARTA, Jogjaaja.com - Sejumlah perusahaan teknologi yang produknya terinstal di ponsel rupanya memata-matai penggunanya.

Adapun hal yang yang dimata-matai oleh perusaan teknologi seperti Google meliputi aktivitas dan pembicaraan yang sering dibicakarakan oleh pengguna.

Oleh sebab itu, jangan heran jika sejumlah barang tampak ditawarkan di Internet meskipun Anda baru membicarakan atau mencarinya di mesin pencari. Hal itu bisa menjadi bukti bahwa Google sedang memata-matai Anda.

Meski rasanya menganggu, ternyata Anda bisa memilih untuk menghentikan mesin pencari melacak aktivitas yang baru saja Anda lakukan. Tapi perlu dicatat, ketika Anda memilih untuk menonaktifkan fitur ini, maka iklan yang ditawarkan pada Anda di Internet tak akan relevan dengan yang dibutuhkan.

Nilai plusnya, tentunya Anda akan mendapat ruang lebih untuk privasi di dunia maya.

Selain itu, Anda juga tak akan kehilangan data yang tersimpan saat fitur dimatikan. Google memang tidak akan menyimpan informasi di masa depan, tapi data yang sudah tersimpan dipastikan tidak akan dihapus.

Untuk mematikan fitur pelacakan pada Google demi mengurangi aktivitas mata-mata, langkah ini bisa Anda lakukan:

1. Buka Google.com dari browser desktop maupun mobile.

2. Masuk ke akun Google.

3. Pilih menu Manage your Google Account, lanjutkan dengan Privacy & Personalization dan masuk ke Manage Your Data & Personalization.

4. Klik Activity Controls serta pilih Manage your Activity Controls.

5. Selanjutnya terlihat boks Web & App Activity, klik toggle untuk mematikan.

6. Nantinya akan terlihat pemberitahuan memastikan pengguna mengerti soal mematikan pengaturan. Berikutnya klik Pause. (*)

Editor: Ties
Bagikan

RELATED NEWS