Melihat dari Dekat Desa Wisata Nglanggeran, Peraih Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021

Tyo S - Rabu, 13 Oktober 2021 10:24 WIB
Embung Nglanggeran, salah satu bagian dari Desa Wisata Nglanggeran. (sumber: Kemenparekraf)

PATUK, Jogjaaja.com – Desa wisata Nglanggeran, yang terletak di kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul baru-baru ini dinobatkan sebagai salah satu dari tujuh Desa Wisata Mandiri Inspiratif dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021. Lokasi tempat wisata Jogja ini termasuk dalam Kawasan Geosite Gunung Sewu, yang tergabung dalam UNESCO Global Geopark.

Di desa wisata ini, terdapat berbagai atraksi menarik mulai dari wisata alam, wisata budaya, hingga wisata kuliner. Sebagai tempat wisata Jogja, pengunjung dapat menikmati Gunung Api Purba, Embung Nglanggeran, Air Terjun Talang Purba, Kampung Pitu, serta Air Terjun Kedung Kandang.

1. Gunung Api Purba

Dikelola sebagai geopark Gunung Sewu yang masuk ke jaringan taman bumi dunia, UNESCO Global Park. Di area ini, terdapat aktivitas seru seperti flying fox dan rock climbing

2. Embung Nglanggeran

Terletak di Punggung Gunung Api Purba, Embung Nglanggeran menyediakan berbagai fasilitas untuk menikmati panorama Nglanggeran dari ketinggian.

3. Air Terjun Talang Purba

Tempat wisata Jogja yang menawarkan sensasi liburan di bawah air terjun. Air Terjun Talang Purba tidak hanya sekadar wisata air terjun semata. Airnya pun kerap digunakan sebagai pendukung irigasi masyarakat yang tinggal di sekitarnya. Sementara potret pemandangan alamnya sering menjadi spot selfie para pengunjung.

4. Kampung Pitu

Kampung Pitu merupakan tempat wisata Jogja yang masuk dalam daftar spot liburan terbaik ASEAN. Lokasinya yang berada di Gunungkidul, DIY membuat para pengunjung tertantang untuk menemukannya. Uniknya, tempat wisata Jogja ini dinamai Kampung Pitu, konon karena hanya dihuni 7 kepala keluarga saja. 

5. Air Terjun Kedung Kandang

Nuansa air yang mengalir dari atas bisa Anda jumpai saat Anda berkunjung ke Air Terjun Kedung Kandang. Salah satu tempat wisata Jogja ini menawarkan sensasi liburan dan relaksasi di bawah pancuran curug. Akhir pekan merupakan waktu terbaik untuk menikmati pemandangan alam di spot Air Terjun Kedung Kandang.

Selain keindahan alamnya, pengunjung dapat mempelajari seni kebudayaan wisata Jogja, kebangaan masyarakat Nglanggeran seperti karawitan dan Reog Mataram. Usai menyaksikan beragam keindahan alam dan budaya, pengunjung dimanjakan dengan berbagai kuliner khas Nglanggeran seperti Griya Cokelat Nglanggeran, Pawon Purba, Soto Mbak Jam, dan Rumah Makan Terrace Petruk.

Berkat kerja keras pengelola dan masyarakat, pada 2017 Desa Wisata Nglanggeran dinobatkan sebagai Desa Wisata Terbaik ASEAN dengan konsep CBT (Community Based Tourism). Tahun ini pun, Desa Wisata Nglanggeran terpilih mewakili Indonesia Internasional Best Tourism Village yang digelar oleh Organisasi Pariwisata Dunia PBB (UNWTO).

“Selamat untuk Desa Wisata Nglanggeran yang menjadi Desa Wisata Mandiri, Inspiratif-Desa Wisata Indonesia Bangkit. Sukses untuk menjadi wakil Indonesia di UNWTO Tourism Village Award,” kata Menparekraf Sandiaga Uno. (*)

RELATED NEWS