jogjaaja.com

MenPAN RB Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia, Sejumlah Politisi Sampaikan Ungkapan Duka Cita

Tyo S - Jumat, 01 Juli 2022 12:44 WIB
Almarhum Tjahjo Kumolo

JAKARTA, Jogjaaja.com – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia di RS Abdi Waluyo Jakarta, pada hari Jumat (1/7/2022) sekitar pukul 11.10 WIB. Sebelumnya, Tjahjo Kumolo telah menjalani perawatan intensif sejak beberapa hari terakhir karena menderita infeksi yang menyebar ke paru-paru.

Sejumlah tokoh politik langsung menyampaikan ungkapan duka cita di media social.

“Saya sedang di atas helikopter Bersama Jaksa Agung Bpk Burhanuddin (dari Bandung menuju Jakarta) ketia mendapat kabar melalui WhatsApp bhw Pak Tjahjo Kumolo Wafat. Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Saya Bersaksi bhw Almarhum orang yang baik. Semoga Allah memberikan surga-Nya,” ungkap Mahfud MD.

“Innalillahi wa’inailaihi roji’un mas @tjahjo_kumolo…Turut berduka cita sangat. Moga2 husnul khotimah. Patriot sejati, banteng sejati dan Insya Allah wafat dalam keadaan iman dan Islam,” tulis politisi PDI Perjuangan Budiman Sudjatmiko.

“Innalillahi wa innailaihi rajiun. Telah wafat Mas Tjahjo Kumolo jam 11.10 MenPAN RB di RS Abdi Waluyo. Semoga Almarhum husnul khotimah. Aamiin YRA,” demikian cuitan Rizal Ramli di akun twitter.

Dikutip dari situs pribadinya, Tjahjo Kumolo lahir di Surakarta, Jawa Tengah, 1 Desember 1957. Ia adalah seorang politikus Indonesia yang saat ini menjabat sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia sejak 23 Oktober 2019 pada Kabinet Indonesia Maju. Tjahjo sebelumnya pernah menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri Indonesia yang menjabat dari 27 Oktober 2014 hingga 20 Oktober 2019 pada Kabinet Kerja.

Ia juga merupakan salah seorang politikus Indonesia, dan terpilih menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia periode 2009–2014 dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) dengan wilayah pemilihan Jawa Tengah I dan sekaligus menjadi Ketua Fraksi PDI-P di DPR RI dan juga menjadi anggota Komisi I yang membidangi pertahanan, luar negeri, dan informasi di DPR RI.

Tjahjo Kumolo secara mengejutkan dipilih oleh Megawati Soekarnoputri sebagai Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan periode 2010-2015 yang pada periode sebelumnya duduk sebagai Ketua DPP Bidang Politik PDI-P. Tjahjo Kumolo sebelumnya juga pernah tercatat sebagai Ketua Umum KNPI dan anggota Partai Golongan Karya. (*)


Editor: Tyo S

RELATED NEWS