jogjaaja.com

Met Gala Jadi Ajang Paling Ditunggu Selain Fashion Week, Apa Tujuannya?

Ties - Sabtu, 14 Mei 2022 11:43 WIB
Suasana Met gala yang dinantikan selebritas dunia

PELAKSANAAN Met Gala 2022 memang sudah berlangsung pada 2 Mei 2022 di New York City. Akan tetapi, kontoversi dan kemewahannya masih terasa sampai sekarang.


Met Gala memang menjadi salah satu agenda fashion paling ditunggu di setiap tahunnya. Berbeda dari acara sejenis, selebriti selalu menunjukkan totalitasnya dalam hal fashion saat hadir di acara ini.

Bahkan, mereka tak segan memakai busana yang dramatis, glamor, dan tak jarang unik. Bagi desainer, Met Gala juga jadi ajang unjuk kreativitas dan inovasi craftsmanship. Di balik tampilan stylish para selebriti terdapat ide kreatif desainer dan dedikasi timnya.

Tidak terkecuali pada ajang Met Gala tahun 2022 ini yang mengusung dresscode ‘Gilded Glamour’.

Dress code tersebut mengacu pada era fashion yang sangat mewah pada dekade terakhir abad 19, ketika industrialisasi dengan cepat memperbesar kesenjangan.

Pada era ini perempuan-perempuan mengenakan korset bertulang dan bustles atau lapisan tambahan yang membuat gaun terlihat mengembang, terutama di bagian belakang. Mengusung tema In America: An Anthology of Fashion.

Gelaran ini menandai bagian kedua dari pameran Costume Institute yang dibuka pada September lalu.

Dalam pagelaran ini para tamu undangan berlomba-lomba untuk tampil unik dan menarik, namun sebenarnya untuk apa acara Met Gala ini digelar? Apakah tujuannya hanya untuk flexing semata?

Sebenarnya, Met Gala adalah acara tahunan yang diselenggarakan di New York untuk The Metropolitan Museum of Art & Costume. Tujuan dari acara ini adalah menggalang dana untuk departemen kostum dan fashion pada museum tersebut.

Met Gala telah diadakan secara rutin sejak tahun 1948. Setiap tahunnya, komite Met Gala akan mengumumkan tema yang akan diangkat pada Met Gala di tahun tersebut.

Daftar tokoh yang bisa menghadiri Met Gala ini ditentukan oleh Anna Wintour yang merupakan editor-in-chief majalah Vogue sejak 1988 sekaligus anggota dari komite Met Gala.

Hanya tokoh yang sudah mendapatkan undangan dan dikonfirmasi oleh Anna Wintour yang kemudian bisa membeli tiket untuk menghadiri Met Gala.

Namun tokoh-tokoh ini bisa berbada setiap tahunnya, jadi tidak melulu tokoh tertentu saja yang datang ke acara tersebut.

Harga tiket tersebut juga tidak main-main. Angkanya dikabarkan mencapai 428 juta. Akan tetapi, semua hasil dari penjualan tiket tersebut akan langsung masuk menjadi dana untuk museum.

Salah satu misteri terbesar Met Gala adalah apa yang dilakukan oleh para selebriti setelah mereka tampil di red carpet dan masuk ke area acara Met Gala.

Menurut beberapa artikel yang telah di tulis di berbagai media, pertama-tama para undangan akan melakukan tur di dalam pameran yang diadakan kemudian mengikuti cocktail party.

Setelah itu, kegiatan para tamu dilanjutkan dengan pesta makan malam sambil menikmati hiburan dari live performance. Hal lain yang membuat Met Gala begitu misterius adalah peraturan dilarang berfoto di dalam area acara. (Mg-01)

Tags MET ggalaBagikan

RELATED NEWS