jogjaaja.com

Mobil Mogok di Jalan? Jangan Khawatir, Lakukan Tips Berikut

Tyo S - Rabu, 25 Januari 2023 19:48 WIB
Ilustrasi mobil mogok di jalan.

JAKARTA, Jogjaaja.com - Saat menempuh perjalanan, terkadang ada hal tak terduga yang kita alami. Contohnya adalah mobil mogok di jalan. Situasi ini tentu membuat Anda gelisah.

Jika mobil mogok di jalanan yang ramai, mungkin tidak akan terlalu membuat Anda bingung. Tapi apa jadinya jika mobil mogok di jalanan yang cukup sepi dan jauh dari bengkel? Anda harus mengambil langkah terbaik.

Berikut ini adalah tips yang bisa Anda lakukan saat mobil mogok yang bisa membuat Anda lebih tenang dan terarah dalam bertindak yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Tepikan kendaraan

Saat merasa ada yang tidak beres dengan mobil Anda, segera tepikan ke pinggir jalan. Jangan sampai berhenti dan parkir sembarangan. Itu untuk mencegah terjadinya kecelakaan yang mungkin saja terjadi.

2. Evakuasi barang berharga

Bila Anda memutuskan untuk menunggu di tempat yang lebih aman, pastikan mobil terkunci dan bawa barang-barang berharga bersama Anda. Jangan tinggalkan barang penting di dalam mobil untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Dan tunggu sampai bantuan datang.

3. Kendaraan terlihat jelas

Jika mobil sudah ditepikan, nyalakan lampu hazard dan pastikan kendaraan Anda terlihat jelas oleh pengendara lainnya. Terutama jika mogok terjadi di malam hari.

4. Nyalakan lampu hazard dan atau Pasang Segitiga Pengaman

Saat mobil mogok di malam hari, Anda bisa menyalakan lampu hazzard sebagai tanda untuk para pengemudi lainnya bahwa sedang ada mobil yang rusak sehingga para pengemudi yang lain bisa lebih berhati-hati saat melintas.

Bagaimana bila lampu hazard atau lampu penerang lainnya juga sedang rusak? Anda bisa menggunakan segitiga pengaman mobil untuk memberi tanda darurat kepada pengemudi lainnya. Jarak mobil mogok dengan segitiga pengaman tersebut kurang lebih 3 sampai 10 meter.

5. Cek lampu indikator untuk mengetahui kondisi mobil

kemudian, Anda bisa melihat atau mengecek lampu indicator mobil yang terletak menjadi satu dengan speedometer mobil. Di saat ada banyak simbol yang akan memberikan informasi kondisi mobil dan kerusakan yang sedang terjadi.

Misalnya saja saat kondisi overheat mesin, bahan bakar yang habis, masalah pada aki, atau informasi kerusakaan pada mesin lainnya. Saat mengetahuinya, segera lakukan pengecekan pada bagian komponen atau mesin mobil yang rusak tersebut.

6. Sedia selalu peralatan darurat

Sedia selalu peralatan darurat atau emergency tool. Anda bisa menemukannya di toko khusus perkakas atau marketplace online. Harga dan kelengkapannya memang beragam. Namun rekomendasinya, pilih peralatan darurat yang menyediakan kabel jumper, kompresor ban, tool kit, senter, dan strap atau tali untuk menarik mobil.

7. Telefon bantuan, kolega, atau keluarga yang perlu tahu

Kalau Anda tak bisa membenarkan mobil sendiri, segera telefon bantuan. Atau Anda bisa memesan layanan bengkel dari aplikasi penyedia jasa bengkel. Sebutkan letak di mana kendaraan Anda mogok, bagaimana ciri-ciri mobil, dan patokan apa yang ada di dekat lokasi untuk memudahkan petugas.

8. Telepon jasa derek mobil mogok

Sekalipun Anda sudah mengetahui di mana letak kerusakannya, namun Anda sulit untuk memperbaikinya, Anda bisa segera mencari bantuan mobil mogok di jalan dengan menelepon jasa derek mobil. Di sini letak pentingnya menyimpan nomor jasa derek mobil.

Apabila mobil mogok di jalan tol, Anda masih bisa bernapas lega karena Jasa Marga telah menyediakan layanan derek gratis di dalam jalan tol.

Bagaimana bila mogoknya di luar jalan tol? Oleh sebab itu, mulai sekarang segera catat jasa derek mobil di beberapa daerah penting yang biasa atau akan Anda lewati.

9. Pakai rompi scotlight

Saat mogok di malam hari dan sedang menunggu bantuan datang, bukan cuma kendaraan yang harus terlihat, tapi Anda juga harus terlihat oleh pengendara atau pengguna jalan lainnya. Pakai rompi scotlight yang bisa menyala saat terkena sorotan lampu. Bisa juga dengan menggunakan senter atau senter gawai untuk menerangi daerah di sekitar tempat mobil berhenti. Sediakan di dalam mobil Anda.

Editor: Tyo S

RELATED NEWS