Nasabah Makin Mudah, Bank Mandiri Rilis Aplikasi Livin’ by Mandiri

Tyo S -Senin, 08 Maret 2021 18:15 WIB
Konversi kartu atm Mandiri (sumber: Ismail Pohan/TrenAsia)

JAKARTA–PT Bank Mandiri (Persero) Tbk terus melakukan transformasi layanan perbankan digital.

Kali ini, Bank Mandiri meluncurkan Livin’ by Mandiri aplikasi penyempurna Mandiri Online. Apikasi ini meningkatkan kemudahan dan kenyamanan nasabah dalam mengakses layanan perbankan perseroan di era bank 4.0.

Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi mengatakan, ini merupakan inisiatif strategis untuk menjadi salah satu Modern Digital Retail Bank.

Livin’ by Mandiri akan menjadi sebuah super app yang memanfaatkan pendekatan keserdasan buatan (AI) untuk menciptakan sentuhan personal yang unik dan modern dalam akses layanan keuangan yang lengkap, termasuk ke biller dan nantinya ke produk perusahaan anak,” kata Darmawan dalam siaran pers dikutip dari trenasia.com, Senin, 8 Maret 2021.

Akselerasi transformasi ini sejalan dengan pemberlakuan kebijakan pembatasan aktivitas sosial akibat COVID-19. Alhasil, tahun lalu Bank Mandiri telah meluncurkan beberapa inovasi digital untuk mendukung kebijakan itu.

Transformasi Digital Bank Mandiri

Inovasi perbankan digital tersebut antara lain Mandiri Direct Debit untuk transaksi cepat dengan kartu debit berlogo GPN dan Visa di e-commerce. Sedangkan Mandiri API menjadi solusi inovatif yang mengintegrasikan layanan perbankan Bank Mandiri pada platform digital mitra bisnis.

Selain itu, ada juga layanan Mandiri Intelligent Assistant (MITA) sebagai fitur layanan nasabah berbasis AI pada whatsapp akun resmi Bank Mandiri.

“Untuk mendukung bisnis penyaluran pembiayaan, transformasi digital kami juga telah menghasilkan produk digital lending bagi UMKM yang terdaftar di aplikasi marketplace serta UMKM yang menjadi distributor atau retailer nasabah strategis Bank Mandiri,” ungkapnya.

Pada awal tahun ini, tutur Darmawan, Bank Mandiri juga telah mengenalkan Customer Service Machine (CSM) sebagai layanan nirkantor untuk pembukaan rekening dan penggantian kartu debit secaramandiri.

Asal tahu saja, transformasi digital retail banking Bank Mandiri terus mengalami kenaikan transaksi melalui mandiri online yang signifikan dari 46 juta transaksi finansial pada 2017 620 juta transaksi pada 2020.

Adapun, nilai transaksi meningkat dari Rp1.000 triliun atau naik lebih dari 10 kali lipat dibandingkan dengan empat tahun lalu.

Hal signifikan lainnya adalah kenaikan jumlah nasabah tabungan, dari 3,2 juta rekening pada 2010 menjadi 28,7 juta rekening di akhir tahun lalu.

Dari jumlah tersebut, tercatat 4,5 juta nasabah menjadi user aktif Mandiri Online yang segera berganti menjadi Livin’ by Mandiri.

Bagikan:

RELATED NEWS