jogjaaja.com

Peringati Hari Anak Nasional, Gojek & SGM Eksplor Selenggarakan Seminar & Lomba Mewarnai untuk Anak Mitra Gojek Solo

Tyo S - Minggu, 24 Juli 2022 18:43 WIB
District Head Gojek Solo Raya Dyah Siwi (Kiri) menyerahkan piagam penghargaan kepada Pemenang Lomba Mewarnai (kanan) yang merupakan anak Mitra Gojek pada Hari Anak Indonesia di Ndalem Danar Hadi (23/07).

Surakarta, 23 Juli 2022 - Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional (HAN) yang jatuh setiap 23 Juli, Gojek dan SGM Eksplor menyelenggarakan seminar serta lomba mewarnai untuk anak dan keluarga Mitra Gojek di Solo, Jawa Tengah. Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Gojek Solo dengan SGM Eksplor dalam mewujudkan anak-anak Indonesia sehat dan kreatif melalui Seminar “Teruskan Nutrisinya, Siapkan Belajarnya”.

Dengan mengikuti kegiatan ini, keluarga Mitra Gojek Solo berkesempatan untuk mendapatkan hadiah jutaan rupiah, Gopay serta hadiah menarik lainnya. Acara ini merupakan bagian dari program komprehensif Pekan Anak Nasional Gojek Solo yang diikuti oleh ratusan anak dan keluarga mitra driver.

Berdasarkan informasi dari Direktorat Sekolah Dasar tahun 2021, Hari Anak Nasional merupakan momentum penting untuk meningkatkan kepedulian dan partisipasi masyarakat dalam menjamin pemenuhan hak anak atas hak hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

“Kami bersama SGM Eksplor tergugah untuk dapat memenuhi hak-hak anak Indonesia terutama Mitra Gojek Solo dengan memberikan pengalaman terbaik di usia emas dalam mengembangkan kreativitas serta edukasi bagi orang tua Mitra Gojek terkait pemenuhan gizi baik bagi anak-anak. Kami berharap kolaborasi ini bisa menjadi contoh bagi instansi lain untuk bersama-sama menyiapkan masa depan yang terbaik bagi anak-anak kita kelak nanti," kata Dyah Siwi selaku District Head Gojek Solo Raya, Sabtu (24/7/2022).

Seminar ini menggandeng praktisi profesional Dr. MN Ardi Santoso M.Kes Spesialis Anak & Edukator Kesehatan Anak, sebagai salah satu pembicaranya. Beliau merupakan praktisi yang menjadi rekomendasi bagi kesehatan keluarga terutama di Solo, Jawa Tengah.

Beberapa kegiatan yang telah dilakukan Gojek Solo dalam Pekan Anak Nasional :

1. Khitan anak Mitra Gojek yang merupakan kolaborasi Gojek Solo dengan Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Solo untuk memberikan kesempatan khitan bagi anak mitra driver dengan biaya yang lebih ekonomis.

2. Pelatihan Bahasa Inggris bagi anak Mitra Gojek setingkat SD dan SMP, hasil kerja sama Gojek Solo dengan English Language Training International (ELTI) dalam meningkatkan kemampuan berbahasa asing.

Shiera Syabila selaku Senior Brand Manager SGM Eksplor 3Plus menyebut, melalui semangat Hari Anak Nasional, SGM Eksplor ingin terus mempersiapkan dan memberikan yang terbaik untuk kemajuan setiap anak Indonesia, termasuk dalam hal pemenuhan nutrisi. SGM Eksplor juga sangat memahami kekhawatiran Mitra Gojek sebagai orangtua, khususnya yang memiliki anak yang baru mau masuk sekolah terutama dalam mempersiapkan dan memberikan yang terbaik bagi kemajuan anaknya, termasuk dalam hal pemenuhan nutrisi.

“Oleh karena itu, SGM Eksplor terus melakukan pengembangan & penyediaan produk bernutrisi tepat yang terjangkau, seperti produk susu pertumbuhan yang terfortifikasi seperti SGM Eksplor 3 Plus Pro-gress Maxx yang mengandung DHA, Minyak Ikan, Omega 3&6, Tinggi Kalsium & Vitamin D, IronC, serta nutrisi penting lainnya, untuk terus bantu dukung nutrisi lengkap si Kecil agar ia siap belajar,” sebut Sheira Syabila.

Dengan pengalaman lebih dari 65 tahun, SGM Eksplor terus berkomitmen untuk pengembangan dan menyediakan produk bernutrisi tepat yang terjangkau. “Melalui berbagai inisiatif dan inovasi yang kami lakukan, diharapkan dapat mendampingi Mitra Gojek sebagai orang tua agar mereka mampu memaksimalkan potensi prestasi anak. Terlaksananya acara ini, tentunya karena SGM dan Gojek berbagi nilai yang sama dalam upaya menjadikan Anak Bangsa sebagai Generasi Maju,” tutup Shiera.

Kolaborasi Gojek dan SGM Eksplor ini terus mengedepankan pendekatan yang holistik dalam menghadirkan produk serta layanan yang ramah anak di seluruh lapisan bisnisnya. Setelah sebelumnya, pada awal pandemi, SGM Eksplor juga turut andil dalam pemenuhan gizi anak mitra dan kebutuhan esensial harian mitra driver. Seperti halnya yang secara konsisten dilakukan Gojek, dengan memberikan Beasiswa anak Mitra Gojek, juga Program Swadaya Sembako berkualitas dengan harga ekonomis.

Adapun dampak dari berbagai inisiasi program Gojek, dapat dilihat dari temuan riset Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) untuk Kota Solo sebagai berikut:

1. Sebanyak 2/3 mitra driver memprioritaskan fleksibilitas waktu dalam kemitraan dengan Gojek. Fleksibilitas ini memungkinkan mereka membagi waktu antara pekerjaan dan keluarga.

2. Mayoritas mitra GoRide dan GoCar menyatakan kemitraan dengan Gojek meningkatkan kualitas hidup mereka.

3. Mitra mengapresiasi berbagai dukungan yang diberikan Gojek seperti potongan harga dari program Swadaya, beasiswa anak mitra, inisiatif menjaga keamanan, kesehatan, dan higienitas mitra; serta layanan kepesertaan BPJSTK/asuransi.

Temuan menarik lainnya dari riset ini adalah bagaimana layanan Gojek telah menjadi pilihan utama bagi konsumen di Kota Solo serta kemampuan ekosistem Gojek mendukung mitra-mitranya selama pandemi sehingga mereka optimistis terhadap pemanfaatan platform online sebagai tempat mencari nafkah. Hal ini tercermin dari hasil temuan riset LD FEB UI yang memperkirakan kontribusi ekonomi digital Gojek dan GoTo Financial (di luar Tokopedia) sebanyak 7,7% dari PDRB Solo (Surakarta) atau sekitar Rp3,7 triliun di tahun 2021.

Mulawarman selaku Head of Regional Corporate Affairs Gojek Central & West Java menyatakan sejak awal Gojek berdiri, pihaknya selalu mengedepankan kesejahteraan Mitra beserta keluarganya.

"Sebagai platform teknologi, Gojek telah membantu membuka akses bagi jutaan pekerja sektor informal di Indonesia untuk berperan aktif dalam ekonomi digital, baik sebagai pelanggan, mitra, merchant, maupun penyedia jasa. Kesamaan visi inilah yang mendasari kolaborasi Gojek dengan SGM Eksplor untuk semakin mengukuhkan komitmen tersebut,” tutup Mulawarman. (*)

Editor: Tyo S

RELATED NEWS