jogjaaja.com

Senin, Vaksinasi Booster Bagi Lansia di Kota Yogyakarta

Ties - Jumat, 14 Januari 2022 18:18 WIB
Vaksinasi dosis satu dan dua bagi lansia di Kota Yogyakarta /Anz

YOGYA, Jogjaaja.com - Pemerintah Kota Yogya berencana untuk mengadakan vaksinasi penguat (booster) perdana pada 17 Januari mendatang.

Fokus utama pada pelaksanaan vaksinasi penguat ini nantinya adalah para warga lanjut usia (lansia) sebagai peningkatan imunitas tubuh guna mencegah penularan Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogya, Emma Rahmi Aryani mengatakan, pihaknya telah melakukan pendataan kepada lansia yang nantinya menjadi sasaran dalam vaksinasi penguat itu. Tercatat, ada sebanyak 24.000 warga lansia yang akan diberikan vaksin penguat.

"Rencana tanggal 17 Januari kami mulai kick off yang vaksinasi booster. Tapi prioritas yang lansia dulu karena mereka yang risiko tinggi,” kata Emma, Jumat (14/1/2022).

Dijelaskan, nantinya jenis vaksin yang digunakan adalah jenis AstraZeneca. Warga lansia nantinya juga akan mendapat undangan seperti pelaksanaan vaksin dosis 1 dan 2 lalu. Pemberian dosis vaksinasi penguat juga hanya separuh dari dosis vaksinasi pertama.

"Misal vaksin dosis pertama 0,5 cc maka vaksin booster AstraZeneca hanya 0,25 cc dan booster vaksin Pfizer 0,15 cc," ungkap dia.

Pelaksanaan vaksinasi penguat yang menyasar warga lansia itu juga sesuai dengan surat edaran dari Kementerian Kesehatan terkait ketentuan pelaksanaan vaksin booster pada Januari 2022.

Dalam Surat edaran ini, diatur mengenai syarat penerima vaksin penguat, yakni harus berusia 18 tahun ke atas, skema prioritas untuk lansia dan penderita masalah kekebalan tubuh (immunocompromised), serta bagi yang telah mendapatkan vaksinasi primer dosis lengkap minimal 6 bulan sebelumnya.

“Selain lansia, kemudian vaksinasi booster diberikan kepada yang mempunyai penyakit immunocompromised terkait daya tahan tubuh,” ujar Emma. (Anz)

Editor: Ties

RELATED NEWS