jogjaaja.com

Sriboga Beri Pendampingan UKM dan Kampanyekan Wirausaha

Ties - Kamis, 24 November 2022 19:31 WIB
Manager Service & Empowerment PT Sriboga Flour Mill Panca Indria (kanan) memberi cinderamata untuk Prof. Ir. Yuny Erwanto, SPt., M.P., Ph.D., IPM selaku Wakil Dekan Bidang Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Kerja Sama Fapet UGM

SLEMAN, Jogjajaa.com - Usaha Kecil dan Menengah (UKM) menjadi salah satu penggerak ekonomi nasional sehingga Sriboga bersama Fakuktas Peternakan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta berusaha meningkatkan kapasitas para pengusaha. Termasuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan bagi mahasiswa

"Kami sudah lama memberi pendampingan kepada para UKM dan dunia kampus menjadi gudang ilmu untuk mengembngkan kapasitas UKM itu. Kali ini Sriboga menjalin kerjasama dengan UGM Yogyakarta," ungkap Manager Service & Empowerment PT Sriboga Flour Mill Panca Indria kepada wartawan, Kamis (24/11).

Dia menjelaskan pembinaan yang silakukan seperti pelatihan inovasi produk, manajemen hingga pengelolaan keuangan UKM. Pihaknya juga telah menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi lain. Bahkan, di wilayah Yogyakarta membentuk paguyuban atau koperasi perajin roti hingga paguyuban mie ayam.

"UMKM Binaan sudah empat ribuan dengan membentuk paguyuban atau koperasi. di jogja ada koperasi mie ayam (juragan) 27 pengusaha. Kami juga memberi pelatihan pembuatan mie ramen, udon dan kering. Termasuk mengembangkan inovasi bakpia isi durian yang dijual satuan," ungkapnya.

Dia berharap kerjasama dengan Fapet UGM bisa mengembngkan usaha atau wirausaha mahasiswa yang twekait sengan pengolahan produk peternakan. Misalnya aneka susu, mie kekinian dengan toping sosis sampai pengolahan nuget.

"Ke depan bisa juga dikembangkan pengalengan atau sertifikasi halal yang juga diperlukan pengusaha UMKM. Bahkan, menciptakan pakan ternak yang berkualitas dengan memanfaatkan sisa gandum yang digiling," jelasnya.

Dia menambahkan PT Sriboga Flour Mill juga mengadakan seminar bertajuk “Sharing Bisnis UKM” berbasis terigu yang menghadirkan 4 tokoh pembicara. Materi yang dibawakan dengan materi pertama dengan topik Pengelolaan SDM dibawakan oleh Bpk Irfan Wahyudi yang merupakan Direktur PT UDSR, Owner Bakpia 701.

Materi kedua dengan topik Memupuk Jiwa Entrepreneur adalah Ibu Dr. Ir. Paramitasari Syahlani, MM., IPM. Dosen Fakultas Peternakan UGM. Materi ketiga dengan topik Keuangan Usaha UMKM dan Perpajakan dibawakan oleh Eko Kun Surjatmodjo, SE yang merupakan Owner Le Gitz dan Murni Bakery Tajem.

Tak hanya seminar, untuk melengkapi keseruan acara tersebut chef Bangun dari Sriboga Flour Mill memberikan penampilan baking demo dengan resep-resep inovatif serta berbagi tips/trik ke peserta yang mayoritas pelaku UKM
berbasis Terigu.

RELATED NEWS