jogjaaja.com

Targetkan Peningkatan Prestasi Olahraga, Disdikpora Kota Yogya Lakukan Pembinaan

Ties - Sabtu, 13 Agustus 2022 08:10 WIB
Petugas Disdikpora Kota Yogyakarta saat melakukan pengukuran untuk melihat minat dan potensi murid di bidang olahraga tertentu, Jumat (12/8/2022).

YOGYA,Jogjaaja.com - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta mulai melakukan reformasi atlet di bidang olahraga untuk membentuk atlet berprestasi di masa mendatang.

Upaya itu dilakukan dengan menjaring bibit-bibit unggul usia dini di jenjang sekolah dasar dan sekolah menengah yang ada di wilayahnya.

Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kota Yogya, Agus Trimadi menyebutkan bahwa, upaya menjaring atlet muda ini merupakan bentuk komitmen yang telah disepakati oleh pihaknya bersama sejumlah instansi terkait beberapa waktu lalu.

Dalam kesepakatan itu, pihaknya ingin mewujudkan peningkatan prestasi olahraga di wilayah setempat.

Menurut Agus, upaya menjaring atlet yang berprestasi untuk kemudian nantinya dididik sesuai dengan standar olahraga tertentu dimulai dengan melakukan pengukuran bidang dan minat kemampuan para calon atlet.

Setelah diperoleh data nantinya pihaknya akan menindaklanjuti temuan itu ke orang tua atau sekokah.

"Pertama kita melakukan pengukuran dulu dan ini semacam tes untuk melihat data minat dan bakat murid di bidang olahraga mana mereka yang berpotensi," kata Agus, Jumat (12/7(8/2022).

Menurutnya, upaya dalam meningkatkan prestasi olahraga di Kota Yogya tentu harus dimulai dengan penjaringan dan pemetaan terlebih dahulu. Setelah mendapat data yang lengkap tindakan pembinaan melalui klub olahraga atau sekolah khusus keolahragaan pun akan dilanjutkan.

"Nanti ada semacam raport yang disampaikan kepada orang tua dan juga sekolah. Kita harap memang ini nanti bisa ditindaklanjuti oleh sekolah dan orang tua untuk memasukkan murid atau anak ke klub atau ekstrakurikuler tertentu sesuai dengan minatnya," ungkap dia.

Pihaknya berharap agar upaya pemetaan ini bisa menghasilkan sejumlah bibit dan atlet unggulan di Kota Yogya yang nantinya siap berlaga dalam event dan kejuaraan lokal maupun nasional.

"Tentunya jalan mereka masih panjang karena yang kita jaring memang usia 11-14 tahun. Hasilnya masih panjang untuk bisa melihat capaian mereka," pungkas dia. (Anz)

Editor: Ties

RELATED NEWS