jogjaaja.com

Tidak Melulu Ketupat, Ini Makanan Khas Lebaran di Indonesia

Ties - Senin, 02 Mei 2022 09:41 WIB
Aneka Masakan Opor undefined

HARI raya Idul Fitri atau yang biasa disebut Lebaran menjadi hari yang spesial bagi umat Islam.

Sebagai negara dengan jumlah penganut agama Islam terbesar di dunia, perayaan Lebaran di Indonesia tentu menarik perhatian karena terdapat banyak tradisi yang unik. Namun, tahukah Anda jika makanan khas Lebaran tidak hanya Ketupat? Banyak makanan khas lainnya yang juga biasanya dibuat. Simak penjelasannya

1. Lemang

Makanan lemang mirip dengan lontong dan burasa. Bedanya, lemang terbuat dari beras ketan yang dicampur santan. Pembuatannya menggunakan seruas bambu sebagai cetakan bentuknya, setelah sebelumnya digulung dengan daun pisang.

Lemang

Kemudian dibakar hingga matang. Lemang bisa disajikan dengan gulai atau rendang daging ataupun selai serikaya.

2. Opor Ayam

Makanan khas Jawa, opor ayam sering dihidangkan di kala perayaan Lebaran.

Opor ayam adalah makanan dari ayam rebus yang diberikan bumbu santan yang kental dan bumbu lainnya, seperti serai atau kencur. Opor ayam biasa disajikan dengan ketupat.

3. Semur

Semur merupakan makanan khas di zaman kolonial dan dulu disajikan sebagai menu utama pada penjajahan Belanda di Indonesia. Tapi kini, semur sudah menjadi menu khas Lebaran.

Ciri khas semur adalah kuas berwarna coklat pekat karena menggunakan kecap manis. Semur diolah dari hidangan daging rebus (biasanya daging sapi, tetapi ada juga yang menggunakan daging ikan).

Bisa juga ditambah bawang merah, bombay, pala, dan cengkeh. Selain itu, Semur juga biasanya ditambah kentang, telur dan tahu.

4. Rendang


Rendang yang merupakan makanan asli orang Padang dan sudah terkenal ke seluruh dunia, ternyata juga menjadi makanan khas Lebaran. Jadi Kamu pilih yang mana?

Editor: Ties

RELATED NEWS