jogjaaja.com

UGM Buka Gerai UMKM Binaan di UC Hotel

Ties - Kamis, 22 September 2022 09:11 WIB
Gerai UMKM ini diharapkan dapat menjadi media penjualan produk-produk UMKM yang telah terkurasi antara lain produk pangan, fashion, jasa, kerajinan, kesehatan, manufaktur, serta agribisnis

SLEMAN, Jogjaaja.com - Universitas Gadjah Mada (UGM) membuka Gerai UMKM Binaan yang berlokasi di kawasan UC Hotel, Bulaksumur, Selasa (20/9).

Pembangunan Gerai UMKM Binaan ini merupakan hasil kerja sama antara Direktorat Pengabdian kepada Masyarakat UGM dengan PT. Gama Multi, didukung BNI dan komunitas UMKM. Pengelolaan gerai ini merupakan wujud sumbangsih dalam membantu pemulihan dan peningkatan perekonomian nasional pasca pandemi Covid-19, khususnya bagi pelaku UMKM.


Gerai UMKM ini diharapkan dapat menjadi media penjualan produk-produk UMKM yang telah terkurasi antara lain produk pangan, fashion, jasa, kerajinan, kesehatan, manufaktur, serta agribisnis. Selain itu, juga menjadi edupreneur bagi pengunjung, pojok konsultasi bisnis, serta membangun jejaring kemitraan dan kolaborasi.


Upaya pengelolaan Gerai UMKM secara profesional ini diwujudkan dalam penandatanganan MoU antar tiga pihak.

Penandatanganan nota kesepahaman bersama dilakukan oleh Direktur Pengabdian kepada Masyarakat UGM, Prof. Irfan D. Prijambada, Direktur Utama PT. GMUM, Ibnu Gunawan, dan Koordinator Kelompok Usaha Bersama Sekar Putri, Fathul Jannah.

Turut hadir Wakil Rektor UGM Bidang Kemahasiswaan, Pengabdian Masyarakat, dan Alumni, Dr. Arie Sudjito, Kepala BNI Kantor Cabang UGM, Sakariza Q. Hemawan, serta para pelaku UMKM di wilayah DIY dan Jawa Tengah.


Direktur Pengabdian kepada Masyarakat UGM, Prof. Irfan D. Prijambada, menyampaikan keberadaan Gerai UMKM di UGM ini diharapkan bisa memberikan manfaat yang lebih besar bagi UMKM sebagai soko guru perekonomian bangsa. Gerai UMKM ini bisa menjadi tempat untuk memamerkan dan memasarkan produk-produk UMKM.


“Semoga sinergi ini bisa bermanfaat bagi pengembangan UMKM,” tuturnya.


Direktur Utama PT. GMUM, Ibnu Gunawan, mengatakan keberadaan Gerai UMKM ini menjadi wadah bagi pelaku UMKM untuk mempromosikan dan memasarkan produk-produk yang dihasilkan.

Gerai ini akan menampilkan 60 produk UMKM yang nantinya akan rutin berganti setiap 3 bulan sekali dengan produk UMKM lainnya. Selain membantu pemasaran produk UMKM melalui Gerai UMKM, pihaknya juga membantu pemasaran secara daring melalu marketplace di UGM Mall.


Kepala BNI Kantor Cabang UGM, Sakariza Q. Hemawan, menyampaikan bahwa BNI memiliki komitmen dalam mendukung pengembangan UMKM di tanah air, salah satunya dengan pembangunan Gerai UMKM di UGM ini. Dengan adanya gerai ini diharapkan pelaku UMKM bisa lebih semangat dalam berjuang menghadapi persaingan yang semakin ketat, terus berinovasi dan memberikan multiple efek bagi banyak pihak.


Sementara Wakil Rektor UGM Bidang Kemahasiswaan, Pengabdian Masyarakat, dan Alumni, Dr. Arie Sudjito, mengatakan UGM memiliki komitmen kuat terhadap kerakyatan, termasuk UMKM. Dengan adanya Gerai UMKM ini diharapkan menjadi pintu dalam mengembangkan UMKM.

“Semoga pelaku UMKM terus semangat, jangan gampang lemah dan lelah karena kekuatan UMKM terletak pada daya juang dan pemerintah serta perguruan tinggi juga harus membantu,”ucapnya. (*)


RELATED NEWS